Rabu | 05 Agustus 2020 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Belanda Duduki Jakarta, Soekarno Pindahkan Ibukota Indonesia ke Jogyakarta

MEDIAKEPRI.CO.ID – Beberapa bulan setelah Indonesia mengproklamirkan kemerdekaannya, ternyata Belanda belum bisa menerima hal itu secara utuh. Hingga ada upaya untuk tetap memiliki dan menguasai.

Disaat Belanda berhasil menduduki Jakarta, Presiden Indonesia, Soekarno langsung meninggalkan ibukota. Lalu, Ibukota Indonesia dipindahkan ke Yogyakarta.

Loading...

Soekarno beserta rombongan tiba di Yogyakarta. Dengan menggunakan transportasi kereta api, Soekarno lakukan pemindahan ibu kota Republik Indonesia ke Yogyakarta dari Jakarta.

Kota Yogyakarta adalah ibukota dan pusat pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Kota Yogyakarta adalah kediaman bagi Sultan Hamengkubuwana dan Adipati Paku Alam.

Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan kota terbesar kempat di wilayah Pulau Jawa bagian selatan setelah Bandung, Malang, dan Surakarta menurut jumlah penduduk.

Salah satu kecamatan di Yogyakarta, yaitu Kotagede pernah menjadi pusat Kesultanan Mataram antara kurun tahun 1575–1640. Keraton (Istana) yang masih berfungsi dalam arti yang sesungguhnya adalah Keraton Ngayogyakarta dan Puro Paku Alaman, yang merupakan pecahan dari Kesultanan Mataram.

Loading...

Pada masa revolusi, Yogyakarta juga pernah menjadi ibu kota Indonesia antara tahun 1946 hingga 1950. (wikipedia.org)

Loading...
Loading...