Sabtu | 22 Februari 2020 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Natuna

NATUNA

Defrizal : Bupati Tetap Prioritaskan Nelayan Natuna

Sabtu | 18 Januari 2020 | 11:01

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Rencana Pemerintah RI ‘meramaikan’ Laut Natuna Utara, dengan mendatangkan kapal ikan dari Pantai Utara (Pantura) Jawa. Menimbulkan kontroversi di tengah masyarakat Natuna.

Apalagi Pernyataan Plt.Gubernur Kepri, Isdianto, yang menyebut nelayan natuna tak mampu melaut diatas 12 mil, semakin menambah panas suasana.

Loading...

Bahkan, dihadapan Menteri Koordinator Polhukam, Mahfud MD, di Gedung Daerah Kepri, Tanjungpinang, Rabu 15 Januari 2020. Isdianto menegaskan Pemerintah Provinsi Kepri dan Kabupaten Natuna menyetujui 500 kapal nelayan Pantura, untuk beroperasi di wilayah perairan Natuna.

Pernyataan Isdianto ini pun menyeret nama Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, yang diterjemahkan oleh masyarakat natuna khususnya nelayan, sebagai sikap Pemkab yang tidak berpihak dengan rakyat.

Dikonfirmasi terkait isu ini, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Defrizal, menepis Isu yang mengatakan Pemkab Natuna tak berpihak kepada nelayan tempatan.

“Bupati Natuna sebagai pemimpin Daerah Natuna, tentu tidak akan tinggal diam jika nelayan natuna tidak dapat memanfaatkan kekayaan alam natuna itu sendiri,” ujar Defrizal, yang dikonfirmasi mediakepri.co.id via Whatsapp, Jumat 17 Januari 2020, malam.

Loading...

Namun, Menurut Defrizal ,sebagai Kepala Daerah yang memimpin wilayah di Negara Kesatuan Republik Indonesia, tentu Bupati harus tunduk dengan arahan Presiden sebagai kepala negara.

Meski demikian, lanjut Defrizal, sejauh ini Bupati Natuna secara tegas meminta keberadaan nelayan nasional di laut Natuna Utara harus disertai dengan aturan yang jelas.

“Tidak serta merta hanya mendatangkan nelayan, namun mobilisasi nelayan dari luar natuna, mesti disertai regulasi yang tepat, wilayah tangkap, alat tangkap, ukuran kapal, serta kontribusi terhadap Kabupaten Natuna seperti apa itu harus jelas,” Tegas Defrizal.

Defrizal pun berharap, masyarakat mempercayai bahwa Pemkab Natuna terus berupaya mendorong Pemerintah Pusat, untuk memprioritaskan Nelayan tempatan dan meningkatkan daya saingnya. (alfian)

Editor :

Loading...
Loading...