Kamis | 09 Juli 2020 |
×

Pencarian

HEADLINE

Para Pedagang di Kios Fanindo Batuaji yang Dibongkar Diberi Lahan Baru

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Ini boleh dijadikan contoh oleh siapapun termasuk pemerintah. Bila ada program penggusuran dengan tujuan pembangunan sarana lain, berikan alternatif agar masyarakat tetap bisa usaha dan mendapatkan penghasilan demi kehidupannya.

Para pedagang yang kiosnya dibongkar di Pasar Fanindo, Batuaji kini telah berjualan kembali dengan tempat dan fasilitas yang lebih nyaman.

Loading...

Mereka kini ditempatkan di depan Indomaret berhadapan dan jadi satu lokasi dengan pujasera. Di lokasi yang baru ini suasananya lebih bagus ketimbang di tempat lama. Di tempat yang sekarang tidak terlalu bising dan juga tidak terlalu dekat dengan jalan raya sehingga lebih bersih tidak banyak debu.

Diakui Suwarno (56) pedagang nasi rawon dan juga pedagang bubur ayam, kata mereka jualan di tempat baru memang sama saja merintis lagi dari nol. Omset mereka saat ini jauh menurun cuma dapat sekira 35 persen dari biasanya. Para pelanggan juga baru beberapa orang saja yang datang. Masih banyak yang belum tahu atau belum melihat adanya kios-kios baru itu, karena tempatnya agak tertutup dan berada di belakang.

Suwarno atau yang biasa dipanggil Pakde Rawon dengan rekannya yang jualan di tempat baru itu optimis kedepan jualannya akan ramai kembali. Di kios yang dibangunnya bersama 10 rekannya itu para pelanggan akan kembali datang dan konsumen baru akan bertambah.    

Soal sepinya pembeli menurut Harlan, Manager Pasar Fanindo, saat ini memang hampir rata di semua pedagang. Omset semua pedagang rata-rata turun, karena daya beli konsumen turun. Untuk itu kata Harlan, pedagang harus pandai-pandai cari tehnik marketing.

Loading...

“Hampir semua omset turun. Pandai-pandailah marketing, sekarang khan zaman teknologi. Ikutlah, daftar GoFood, Grabb atau lainnya biar lebih laris dagangannya,” kata Harlan, Senin, 13 Januari 2020 di kantornya.

Menurut Pakde Rawon, yang perlu diberi Apresiasi bagi Managemen Pasar Fanindo adalah, selain mereka diberi lahan baru untuk berjualan diberi juga konpensasi berupa Gratis Sewa Lahan selama 3 bulan. Mereka para pedagang merasa terbantu dan berterima-kasih. (erry)

Loading...
Loading...