Selasa | 19 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

116 Calon PPK di Batam Segera Ikuti Tahapan Wawancara

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Komisi Pemilihan Umum Kita Batam menetapkan sebanyak 116 calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) lulus seleksi tes tertulis.

Mereka yang lulus ini, akan ikut tahapan wawancara untuk pemilihan kepala daerah serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Walikota dan Wakil Walikota Batam 2020.

Loading...

Untuk diketahui, sebelumnya ada 208 calon anggota PPK yang lolos seleksi administrasi tapi hanya 184 orang yang ikut seleksi tes tertulis pada tanggal 30 Januari lalu di Kampus Unrika Batam.

116 peserta yang dikategorikan lolos 10 besar ini selanjutnya ikut tes wawancara yang akan digelar tanggal 8-10 Februari nanti.

Secara aturan, KPU Batam bisa saja meloloskan paling banyak 120 orang untuk mengisi 10 besar di 12 kecamatan. Hanya saja, dalam seleksi tes tertulis serta penelusuran rekam jejak, ternyata banyak peserta yang terindikasi menjadi anggota partai politik.

Indikasi ini terekam dalam jejak data sistem informasi partai politik (SIPOL) milik KPU. Bahkan ada satu nama yang menjadi anggota di lebih dari satu partai politik.

Loading...

Salah satu syarat untuk menjadi penyelenggara pemilu termasuk PPK, PPS dan KPPS yakni tidak menjadi pengurus atau anggota partai politik lima tahun terakhir.

Selain data SIPOL, beberapa peserta juga sudah dua periode menjadi anggota PPK pada pemilihan sebelumnya baik pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden bahkan pemilihan legislatif.

Adapun peserta yang lolos ke tahapan wawancara adalah Kecamatan Batam Kota 10 orang, Kecamatan Lubukbaja 10 orang, Kecamatan Sekupang 10 orang, Kecamatan Seibeduk 10 orang, Kecamatan Nongsa 10 orang, Kecamatan Bengkong 10 orang, Kecamatan Bulang 10 orang, Kecamatan Batuaji 10 orang, Kecamatan Sagulung 10 orang, Kecamatan Batuampar 9 orang, Kecamatan Belakangpadang 9 orang dan Kecamatan Galang 8 orang.

KPU Kota Batam, melalui anggota KPU Batam, William Seipattiratu resmi mengumumkan nama-nama peserta yang lolos ke tahapan wawancara ini, Senin, 3 Februari 2020 tepat pukul 00.01 WIB.

Bagi peserta yang akan tes wawancara wajib menggunakan pakaian putih hitam. Rencananya tes tertulis dilaksanakan di Kantor KPU Kota Batam. (r/eddy)

Loading...
Loading...