Jumat | 10 April 2020 |
×

Pencarian

BATAM

50 Perempuan Batam Diberi Pelatihan Life Skill Cara Membatik

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Kepulauan Riau memberikan pelatihan life skill kegiatan membatik kepada 50 perempuan di Kota Batam.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari hari Senin, 17 Februari 2020 hingga Rabu 19 Februari 2020, bertempat di Best Western Premier Panbil Hotel Batam, dengan menghadirkan pelatih sekaligus narasumber, Budi.

Loading...

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Kepri, Misni mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perempuan, khususnya di bidang membatik.

“Setelah pelatihan membatik ini, diharapkan para peserta dapat mengembangkan skill yang sudah diberikan oleh pelatih, minimal adalah dasar-dasarnya. Kalau skill nya itu dikembangkan maka akan bisa memiliki nilai ekonomi, yakni memiliki pendapatan dari ilmu yang sudah diajarkan,” ucap wanita berkerudung yang murah senyum ini disela-sela acara, Senin, 17 Februari 2020.

Dikatakannya, adapun yang menjadi tolak ukur dalam pemberdayaan perempuan itu adalah indeks pemberdayaan gender. Salah satu unsurnya yakni bagaimana perempuan bisa berkontribusi dalam pendapatan.

Menurutnya, agar perempuan bisa berkontribusi dalam pendapatan itu maka harus dilakukan peningkatan kapasitas, apalagi Batam adalah Kota Wisata dan sangat banyak dikunjungi oleh Wisatawan, tentu batik adalah salah satu daya tarik yang bisa dijual kepada wisatawan yang datang ke Batam. Hal itu juga sejalan dengan yang dikembangkan oleh Deskranasda Kota Batam, Marlin Agustina Rudi.

Loading...

“Batik yang akan diajarkan kepada pelatih ini nantinya bervariasi, salah satunya adalah lebih kepada Batik Ikan Marlin. Yang terpenting adalah bagaimana peserta yang dilatih itu memahami dasar-dasar pembuatan batik,” ungkapnya.

Ditambahkannya, bahwa setelah pelatihan itu nantinya peserta akan diberikan alat pelatihan untuk membatik itu, yakni secara kelompok. Agar tetap bisa mengembangkan ilmunya dan akan dibina oleh para ahlinya.

“Pelatihan membatik ini adalah adalah kegiatan pertama dari kami, nantinya bakal ada lagi beberapa pelatihan lainnya yang akan kita buat, yakni pelatihan life skill untuk peningkatan kapasitas perempuan Kepri,” ujarnya mengakhiri. (sal)

Loading...
Loading...