Kamis | 09 April 2020 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Dilaksanakan 3 Hari, MTQ XIV Kecamatan Tanjungpinang Kota Dimulai

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Kemenag TPI (INMAS) MTQ XIV tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota Tahun 2020 mulai diselenggarakan dan merupakan kecamatan yang terakhir melaksanakan MTQ tahun 2020 ini.

Kegiatan yang digelar di halaman Kantor Camat Tanjungpinang Kota ini dibuka oleh asisten I Pemerintah Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan.

Loading...

Acara pembukaan MTQ ini diawali dengan devile kafilah Kelurahan, pembacaan ayat-ayat suci Al Qur’an yang dibawakan oleh Ustad Duduy Sa’dullah yang merupakan mantan juara nasional, pembacaan doa oleh Kepala kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjungpinang Kota Zibabur Rahman, dan pelantikan Dewan Hakim MTQ dengan ketua Raja Al Hafiz.

Dalam laporannya, Camat Tanjungpinang Kota Nasrizal, menyampaikan bahwa MTQ XIV ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 20 – 22 Februari 2020 dengan mempertandingkan 2 cabang lomba yaitu cabang Tilawah Al Qur’an dan Hifzil Qur’an. Cabang tilawah Al Qur’an yang dilombakan adalah golongan Tartil Qur’an, anak-anak, remaja dan dewasa. Khusus untuk cabang hifzil qur’an yang dilombakan adalah hifzil 1 juz dan tilawah.

Disamping cabang Tilawah Al-Qur’an dan Hifzil Qur’an, juga diperlombakan kompang/rebana dewasa dan marawis remaja. Tema MTQ tahun ini adalah Jadikan MTQ Sebagai Momentum untuk Membentuk Manusia yang Qur’ani dan berakhlak mulia.

Peserta yang mengikuti MTQ XIV berjumlah 32 orang dan juga group kompang/rebana dan marawis dari 4 Kelurahan diwilayah Kecamatan Tanjungpinang Kota yaitu Kelurahan Tanjungpinang Kota, Senggarang, Penyengat, dan Kampung Bugis. Juara Umum MTQ tahun 2019 adalah Kelurahan Penyengat.

Loading...

Asisten 1 Pemerintah Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan, dalam sambutannya menyampaikan sempena MTQ kita seharusnya bukan hanya membaca Al Quran tapi juga menganalisis dan mengamalkan Al Quran dalam kehidupan sehari hari. beliau juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut mensukseskan MTQ XIV Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Kota tahun 2020. Melalui MTQ ini diharapkan akan muncul generasi qur’ani di Kota Tanjungpinang.

Acara pembukan MTQ ini juga disejalankan dengan pengukuhan Pengurus Cabang Dewan Masjid Indonesia Kecamatan Tanjungpinang Kota masa khidmat 2020 – 2025 dengan ketua terpilih Sayed Fuadi Al Qudsy yang dikukuhkan oleh Sekretaris Dewan Masjid Kota Tanjungpinang Drs. H. Saparilis, S.Ag, M.Si.

Tampak hadir pada pembukaan MTQ XIV ini Kabag Kesra Setdako Tanjungpinang, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Kapolsek Kecamatan Tanjungpinang Kota, Ka. KUA Kecamatan Tanjungpinang Kota, Ketua DMI Tanjungpinang Kota, Lurah se-Kecamatan Tanjungpinang Kota, Babinkamtibmas dan Babinsa se-Kecamatan Tanjungpinang Kota, Forum RT/RW, Karang Taruna dan masyarakat umum. (kepri.kemenag.go.id)

Loading...
Loading...