Selasa | 25 Februari 2020 |
×

Pencarian

Kandidatku untuk Pilkada Batam

BATAM

Kadisdik Batam Apresiasi Kinerja Dewan Pendidikan Batam

Kamis | 13 Februari 2020 | 15:59

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Batam, Hendri Arulan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Dewan Pendidikan Batam (DPB) atas peran dan sumbangsih yang telah diberikan selama ini terhadap dunia pendidikan di Kota Batam.

Dikatakannya, peran aktif Dewan Pendidikan Batam dalam memajukan dunia pendidikan di Batam sangat besar manfaatnya. Salah satu contohnya yakni kegiatan sosialisasi tugas dan fungsi Komite Sekolah dan PPDB tahun 2020 yang dilaksanakan di Pusat Informasi Haji (PIH) Batam, Kamis, 13 Februari 2020.

Loading...

“Saya angkat jempol kepada Dewan Pendidikan Batam atas peran besarnya dalam memajukan dunia pendidikan di Kota Batam,” ujar Hendri Arulan dihadapan ratusan kepala sekolah dan pengurus komite sekolah yang berada di wilayah Kecamatan Batam Kota dan Kecamatan Lubuk Baja.

Lanjutnya, dalam mewujudkan sekolah bahagia perlu adanya sinergitas yang baik antara komite sekolah dan kepala sekolah. Karena, jika keduanya tidak saling bekerjasama maka keinginan untuk menjadikan sekolah bahagia akan sulit untuk diwujudkan.

“Untuk mencapai sekolah bahagia, komite sekolah dan kepala sekolah harus memahami tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan aturan yang telah ditentukan yakni sesuai dengan Permendikbud Nomor 75/2016 Tentang Komite Sekolah,” ucap Hendri.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Dewan Pendidikan Kota Batam, Sudirman Dianto meminta kepada kepala sekolah dan komite sekolah agar saling bersinergi, supaya tercipta suasana yang harmonis.

Loading...

Dikatakannya, kepala sekolah harus sering berkomunikasi dengan anggota komite sekolahnya, sebab dengan adanya komunikasi yang tanpa batas dan tersekat-sekat maka aspirasi bagus untuk kemajuan sekolah bakal muncul.

“Sering-seringlah kepala sekolah mengajak ngopi pihak komite sekolah, tujuannya tak lain dan tak bukan yakni agar komunikasi diantara keduanya bisa berjalan dengan baik. Tentunya sekolah yang bahagia itu akan mudah diwujudkan,” imbuhnya.

Dijelaskan Sudirman, berdasarkan Permendikbud fungsi dari komite itu disekolah adalah sebagai lemba yang meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan. Sedangkan tugasnya dari komite itu dikembangkan dalam empat bentuk.

Pertama, sebagai pemberi pertimbangan, yakni dalam menyusun rencana sekolah itu komite harus memberikan pertimbangan-pertimbangan. Kedua, sebagai pengawasan. Sebagai komite sekolah harus melakukan pengawasan tentang Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang sudah disepakati sesuai karidor atau tidak.

Ketiga, Komite adalah lembaga yang dibolehkan dalam melakukan pengalangan dana dalam bentuk sumbangan atau bantuan, tapi bukan pungutan. Keempat, komite membuat kreatifitas untuk memajukan sekolah tersebut.

“Inilah yang kami sosialisasikan, agar para komite sekolah itu persepsinya sama, dimana komite itu bukan hanya sekedar pembentukan cuma-cuma, tapi mempunyai tugas dan fungsi,” pungkasnya. (sal)

Editor :

Loading...
Loading...