Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

ADVETORIAL

Aunur Rofiq Pimpin Rapat Evaluasi Gugus Tugas Covid-19

MEDIAKEPRI.CO.ID, Karimun – Bupati Karimun, Dr. H. Aunur Rafiq, S. Sos, M. Si. memimpin rapat evaluasi tim Gugus Tugas Covid 19 dalam rangka percepatan penanganan virus Corona Kabupaten Karimun di Ruang Rapat Cempaka Putih, Kantor Bupati Karimun, Senin, 23 Maret 2020.

Aunur Rafiq menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun akan menanggung seluruh pembiayaan pasien Covid-19 atau Virus Corona di Kabupaten Karimun.

Loading...

“Terkait biaya untuk penanganan pasien Covid-19 seperti pengobatan pasien di Rumah Sakit itu semua akan kami tanggung, dan juga warga yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) yang di karantina dirumah mereka masing-masing juga akan kita suplai makan dan minumnya” ujar Bupati Karimun.

Selain pasien, Bupati Karimun juga akan memberikan insentif kepada tenaga medis yang berjuang menghadapi Covid-19 atau Virus Corona di Kabupaten Karimun

“Kemudian untuk petugas-petugas medis yang membantu penanganan Covid-19 ini akan kita berikan insentif” kata Bupati Karimun lagi.

Kapolres Karimun, AKBP Yos Guntur mengikuti rapat evaluasi tim Gugus Tugas Covid 19 dalam rangka percepatan penanganan virus Corona Kabupaten Karimun

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Rachmadi mengatakan, saat ini pihaknya telah menambahkan satu Puskesmas sebagai tempat perawatan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Loading...

“Untuk penanganan Pasien yang positif Covid-19 tetap dipusatkan di RSUD Muhammad Sani, Sedangkan Puskesmas Meral Barat untuk sementara menangani penanganan PDP” kata Kadis Kesehatan.

Sebagai gambaran, di Kabupaten Karimun 1 Pasien dinyatakan Positif Covid-19 atau Virus Corona, sedangkan untuk jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) hingga Senin, 23 Maret 2020, berjumlah 155 orang.

Sementara, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Karimun,Dr. H. Muhd. Firmansyah, M. Si. menambahkan, untuk lokasi cadangan tempat isolasi maupun bentuk penanganan lainnya harus sudah disiapkan jauh-jauh hari sebelumnya.

Mengingat, ketika terjadinya lonjakan masuknya WNI asal Malaysia pada Hari Minggu, 22 Maret 2020, Tim Gugus Tugas agak kewalahan. Saat itu, pihaknya mencoba meminta bantuan pihak hotel untuk penginapan WNI tersebut. Namun, semua hotel menolak.

Dikatakan lagi oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Karimun, Ini harus disiapkan jauh-jauh hari sehingga kita benar-benar siap. Harus ada tempat yang layak sebagai isolasi untuk cadangan. Kalau tidak ada nanti kita akan kewalahan.

Ketua Gugus Tugas Juga mengucapkan, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan penanganan WNI yang masuk ke Karimun pada Hari Minggu, 22 Maret 2020 sore, semua bantuan sudah terintegrasi termasuk juga soal pengamanan.

Rapat evaluasi tim Gugus Tugas Covid 19 dalam rangka percepatan penanganan virus Corona Kabupaten Karimun

Saat ini, semua WNI sudah dipulangkan ke Selatpanjang menggunakan kapal ferry MV Dumai Line. Mereka yang diberangkatkan sebanyak 193 orang. Sebelumnya, mereka sempat diinapkan satu malam di GOR Indoor Karimun. Disana, WNI tersebut diberi tumpangan, makan malam serta paginya diberi sarapan.

Update data perkembangan COVID-19 di Kabupaten Karimun (Provinsi KEPRI) per 22 Maret 2020, jam 12.00 WIB, sebagai berikut

1. Jumlah Puskesmas : 13 unit
2. ‎Jumlah Rumah Sakit : 2 unit
3. Rumah Sakit Rujukan : 1 unit
4. Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) : 214 orang
5. Selesai Pemantauan : 27 orang
6. Proses Pemantauan : 187
7. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) : 6 orang
8. Selesai Pengawasan : 4 orang
9. ‎Proses pengawasan : 2 orang
10. ‎Lab/spesimen on proses : 8
11. Positif Covid :1

Loading...
Loading...