Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

LINGGA

Awe-Nizar Terus Gesa Infrastruktur, 2020 Ada Enam Dermaga Dibangun

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Percepatan infrastruktur pembangunan akses laut terus digesa Pemerintah Kabupaten Lingga diakhir priode Awe Nizar.

Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Lingga akan membangun dermaga di beberapa titik lokasi. Setidaknya, ada tercatat enam dermaga di tahun 2020.

Loading...

Kepala Dinas Perhubungan Selamat mengatakan, untuk pembangunan dermaga tersebar di tiga Kecamatan, diantaranya, Kecamatan Singkep Selatan Desa Resang, Kecamatan Lingga Bandar Madani, Kecamatan Lingga Utara Desa Senempek Centeng, Limbung, Desa Linau dan Desa Tanjung Bungsu.

Dikatakan Selamat untuk tahap satu pengerjaan sudah dilakukan penghitungan oleh konsultan, satu diantaranya Dermaga Resang yang akan dijadikan sebagai dermaga multifungsi nantinya.

” Selain untuk bongkar muat kapal kargo , juga bisa domestik. Mengingat wilayah Resang, Singkep Selatan Kabupaten Lingga dengan provinsi Jambi memiliki posisi yang strategis secara rentang kendali, apalagi Kabupaten Lingga dengan Kabupaten Tanjung Jabung timur Provinsi Jambi sudah melakukan MOU kerja sama khusus di bidang pariwisata,” ujarnya kepada mediakepri.co.id Selasa 3 Maret 2020 di ruang kerjanya.

Selain itu, kata selamat, untuk dermaga bandar madani, sejauh ini aktivitas bongkar muat barang masih didalam sungai. Karna itu, tambanya, perlu dibangun dermaga bandar Madani yang lokasinya tidak jauh dari Muara Kuala Daik agar tidak terkendala pasang surutnya air laut.

Loading...

Untuk pelaksanaan dermaga akan dimulai pada bulan April karena masih dalam tahap pelelangan dan pada bulan mei kemungkinan besar baru bisa dilaksanakan tahap pengerjaan. Adapun kendala yang akan di hadapi untuk bandar dermaga Madani kedepanya adalah jalan di mana pihak Dishub belum memiliki akses jalan darat.

Sementara itu untuk dermaga domestik akan di alokasikan ke centeng. khusus dermaga linau, tanjung bungsu dan limbung dijadikan sebagai dermaga rakyat.

” Tentu dengan dibangunnya Dermaga disejumlah titik lokasi, Pemerintah Daerah berharap khususnya Kabupaten Lingga terbuka nya akses dermaga multifungsi salah satunya adalah pergerakan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik, ” tutupnya, (zikri)

Loading...
Loading...