Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Benarkah Orang dengan Golongan Darah O Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19?

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Studi terbaru dari para ilmuwan di China mengungkapkan jenis golongan darah yang berpotensi besar terinfeksi corona.

Berdasarkan hasil studi terhadap 2 ribu pasien positif corona di Wuhan dan Shenzhen, golongan darah A dinilai paling berisiko terpapar corona, sedangkan golongan darah O kebalikannya.

Loading...

“Orang dengan golongan darah A sepertinya perlu memperkuat perlindungan diri demi menekan risiko terpapar (corona),” tulis grup ilmuwan yang dipimpin oleh Wang Xinghuan, dilansir dari The Star, Rabu 18 Maret 2020.

Penelitian tersebut dilaksanakan dengan kerja sama dengan Centre for Evidence-Based and Translational Medicine di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan.

Wang menambahkan, “pasien yang terkena corona dengan golongan darah A juga cenderung memerlukan pengawasan dan perawatan yang lebih.”

Di sisi lain, golongan darah O punya risiko yang jauh lebih rendah daripada golongan darah lainnya.

Loading...

Penelitian tersebut dilaksanakan oleh para dokter dan ilmuwan di kota seluruh China, mencakup Beijing, Wuhan, Shanghai, dan Zhenzhen.

Akan tetapi, para penulis laporan studi memperingatkan kalau hasil penelitian tersebut mungkin akan menimbulkan risiko bila digunakan sebagai panduan praktik dalam memerangi corona. (republika.co.id)

Loading...
Loading...