Kamis | 09 April 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Bupati Natuna Buka Sosialisasi PP 28 Tahun 2018 Tentang Kerjasama

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, membuka kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2018 tentang kerja sama, di RM Sisi Basisir Ranai, Jum’at 13 Maret 2020.

Dalam sambutannya, Hamid mengatakan dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 2018, keberadan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mengembangkan inovasi-inovasi untuk kemajuan daerah.

Loading...

“Kegiatan Sosialisasi Peraturan Pemerintah nomor 28 tahun 2018 ini, bertujuan agar pelaksanaan pembangunan secara menyeluruh dapat terealisasikan secara lebih efesien, efektif serta tepat sasaran dan untuk menyatukan persepsi bahwa hubungan kerja sama daerah harus dibangun satu pintu bukan kepada Dinas dan Lembaga saja,” terang Hamid.

Kabag Kerja Sama, Ronny Indra saat melaporkan kegiatan

Lebih lanjut dikatakan Hamid Rizal, sekarang ini pemerintah daerah di tuntut untuk selalu menjalin kerja sama antar daerah yang lain.

“Kita dituntut untuk bertukar informasi tentang apa yang menjadi unggulan di satu daerah, dan bagaimana caranya potensi yang ada di daerah dapa dipasarkan kepada daerah-daerah lain, sehingga kemajuan di satu daerah tidak tergantung pada daerah itu sendiri, akan tetapi kita harus saling mengisi antara satu daerah ke daerah lainya,” imbuhnya.

Disamping itu, sambung Hamid bagaimana hubungan pemerintah daerah dan pemerintah pusat, terjalin baik tujuannya agar terjadi satu tujuan tindakkan dan sikap, sehingga kemajuan seluruh daerah yang ada di Indonesia ini menjadi satu pemikiran seluruh bangsa Indonesia.

Loading...

Saya berharap kepada seluruh kepala OPD agar bisa mengembangkan inovasi-inovasi dengan potensi yang ada. Jangan hanya bekerja secara rutinitas saja, tapi buatlah terobosan-terobosan dan kebijakan yang tidak menyimpang dari aturan yang telah ditentukan, kecuali kebijakan itu yang bersifat mendesak masih ada diskresi atau masih di benarkan”, harapnya.

Pada kesempatan sama, Kabag Kerja Sama Pemda Natuna Ronni Indra dalam laporan kegiatan mengatakan, penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik dibutuhkan berbagai refrensi, intervensi dan keterlibatan pihak lain yang sudah barang tentu dapat diwujudkan dalam bentuk kerja sama daerah.

Tamu undangan dan para peserta

“Hal ini bertujuan agar pelaksanaan pembangunan secara menyeluruh dapat terealisasikan secara lebih efesien, efektip serta tepat sasaran, dan tidak tertutup kemungkinan dapat nilai saling menguntungkan jika kerja sama tersebut terjalin dengan lembaga-lembaga yang bersipat pengembangan ekonomi daerah, mengingat ketergantungan maupun kebutuhan daerah terhadap upaya pengembangan di berbagai sektor, tentunya hubungan kerja sama daerah dan pemerintah pusat bahkan antar negara”, paparnya.

Ronni Indra, juga menjelaskan maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini, ialah untuk mensosialisasikan akan pentingnya jalinan kerja sama daerah dengan berbagai pihak, baik antar daerah, dengan pemerintah pusat, lintas lembaga dan sektoral baik dari dalam maupun luar negeri.

“Untuk menyatukan persepsi bahwa hubungan kerja sama daerah harus dibangun satu pintu bukan kepada dinas kepada lembaga, melainkan harus mengakomodir nama pemerintah daerah dalam pelaksanaan program kerja tertentu maupun pengembangan suatu sektor pembangunan,”paparnya.

Kegiatan sosialisasi ini, menghadirkan nasumber dari Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Nelson Simanjuntak.

Adapun Tamu yang hadir yakni Sekda Natuna, Wan Siswandi, FKPD, dan 100 orang peserta dari OPD Pemkab Natuna. (alfian)

Loading...
Loading...