Kamis | 09 April 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Bupati Natuna Usulkan 5 Ranperda untuk Dibahas DPRD

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, menyampaikan pidatonya tentang Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Natuna Tahun 2020. Hal itu disampaikan Bupati dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Natuna, Selasa 3 Maret 2020.

Dalam paripurna yang dipimpin oleh Ketua dan diikuti anggota DPRD Natuna itu, Hamid Rizal menyampaikan 5 Ranperda untuk dibahas pihak legislatif, yakni.

Loading...
Istimewa
  1. Ranperda fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, serta prekursor narkotika.
  2. Ranperda Badan Permusyawaratan Desa(BPD).
  3. Ranperda pemilihan Kepala Desa serentak dan antar waktu.
  4. Ranperda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Natuna Tahun 2020-2040.
  5. Ranperda pencabutan Peraturan Daerah(Perda) Kabupaten Natuna nomor 21 Tahun 2002 tentang ijin tempat usaha.

Terkait pencabutan Perda nomor 21 Tahun 2002, Bupati Natuna mengatakan, pencabutan Permendagri Nomor 27 Tahun 2009, tentang pedoman penetapan ijin gangguan di daerah. Oleh karena itu Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU) dan Surat Ijin Tempat Usaha (SITU), tidak dapat diterbitkan lagi oleh pemerintah daerah.

Hamid Rizal pun berharap, DPRD Natuna dapat segera membahas usulan Ranperda tersebut dan dapat disetujui bersama dengan Pemkab Natuna.

Istimewa

“Dalam kaitan ini, maka sistem nasional memberikan kewenangan atributif kepada daerah, untuk menetapkan perda dan peraturan lainnya yang diharapkan dapat mendukung secara sinergi program di daerah,” sebut Hamid Rizal.

Usai menyampaikan Pidatonya, Bupati Natuna pun menyerahkan Buku Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Natuna Tahun 2020 kepada DPRD Natuna yang diwakili oleh Ketua DPRD, Andes Putra. (alfian)

Loading...
Loading...
Loading...