Kamis | 22 Oktober 2020 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Disela-sela Ramp Check Roro, KSOP Tanjung Buton Lakukan Penyemprotan Disenfektan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Menindaklanjuti perintah Dirjen Perhubungan Laut, Kepala Kantor Kesyahbandaran & Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjung Buton, Wigyo melakukan ramp check kapal roro, Selasa, 31 Maret 2020.

Ramp check di Pelabuhan Roro Sungai Pakning, Desa Sungai Selari, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis dilakukan selain untuk mengetahui kelengkapan administrasi dan peralatan serta kesiapan armada kapal dalam melayani angkutan lebaran mendatang.

Loading...

Selain itu juga, kegiatan ini untuk memaksimalkan kesiapan kapal dalam mengantisipasi pencegahan penularan dan penyebarluasan virus corona, Ccovid-19.

“Benar. Hari ini, kami melakukan ramp check kapal pengangkut penumpang dan barang dalam hal ini ferry penyeberangan di Pelabuhan Roro Sungai Pakning,” ujar Wigyo.

Kegiatan ramp check yang dipimpin oleh Kepala Seksi Status Hukum, Muhammad Fikri ini, kegiatan ini merupakan rutinitas yang dilakukan KSOP Kelas II Tanjung Buton terhadap semua kapal dalam upaya peningkatan keamanan dan keselamatan berlayar.

“Kami sangat mengutamakan keamanan dan keselamatan berlayar setiap kapal. Apalagi kapal yang mengangkut penumpang dan barang,” kata Wigyo.

Loading...

Ia mengatakan apabila ada kapal pengangkut penumpang dan barang yang tidak memenuhi atau mematuhi Standar Operational Prosedur (SOP) akan kami tindak tegas.

Selain pengecekan kelengkapan administrasi serta peralatan penunjang keamanan dan keselamatan berlayar, KSOP juga melakukan penyemprotan desinfektan di kamar mesin, ruang penumpang, deck kapal dan ruangan lainnya sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona.

Dalam melakukan penyemprotan ini, KSOP melakukannya dengan mengajak bersama-sama Upika Bukit Batu lainnya.

Selanjutnya, dalam kegiatan ramp check tersebut tidak ditemukan adanya pelanggaran. Akan tetapi pihak KSOP tetap memberikan rekomendasi agar keamanan dan keselamatan berlayar dapat lebih ditingkatkan lagi.

Terakhir, Wigyo berharap kepada setiap pemilik kapal agar melengkapi semua administrasi yang ditentukan serta melengkapi segala sesuatu yang menyangkut keamanan dan keselamatan berlayar.

“Jika ada administrasi yang sudah kadaluarsa, segera diperbaharui. Jika ada peralatan dan kelengkapan lainnya yang sudah rusak/usang, segera diganti,” katanya mengakhiri. (juny)

Loading...
Loading...