Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Gerbangdutas 2020 di Kepulauan Anambas Kedepannya Akan Lebih Maju

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas laksanakan Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas, di halaman kantor Bupati jalan pasir Peti, Senin , 16 Maret 2020.

Pelaksanaan Gerbangdutas merupakan bagian dari implementasi Undang-Undang Nomor 43 tahun 2008 Tentang Wilayah Negara.

Loading...

Turut hadir Pelaksana tugas (Plt.) Gubernur Kepulauan Riau,Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) yang diwakilkan oleh Deputi IV Pertahanan Negara, Menteri Dalam Negeri diwakilkan oleh Plt.Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) , Rombongan Polhukam, Rombongan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Rombongan Kemendagri, Rombongan Kemenkes, Rombongan KKP, Rombongan Kemenag, Rombongan Telkom, Rombongan Kementerin PUPR, Rombongan Kemenhub, Rombongan ESDM, Pimpinan DPRD Provinsi Kepulauan Riau; Forkopimda Provinsi Kepulauan Riau; Bupati Kepulauan Anambas; Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas; Forkopimda Kabupaten Kepulauan Anambas; Para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kabupaten Kepulauan Anambas.

Dalam sambutan Abdul Haris bupati kepulauan Anambas mengucap ribuan ucapan terimakasih untuk tamu yang hadir, kemudian dalam pidatonya mengatakan,”Pencanangan Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan (Gerbangdutas) Tahun 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas kedepannya akan lebih maju, saat ini 12 tahun sejak dimekarkan masih ada beberapa kekurangan di beberapa aspek, namun saya yakin seiring berjalannya waktu kita akan terus berbenah. ” Ujarnya

Dibeberapa Lokpri permasalahan pertama yaitu Telekomunikasi masih belum terlayani dengan baik (belum 4G) atau sudah 4G tetapi belum dapat digunakan untuk akses internet secara baik yaitu di Kecamatan Siantan Timur, Siantan Selatan, Jemaja, Jemaja Timur, sebagian Palmatak, dan Seluruh Siantan Tengah Kecuali Desa Air Asuk.

Selanjutnya, permasalahan kedua yaitu ketersediaan air bersih meliputi Lokpri Siantan, Palmatak, Siantan Tengah dan Siantan Selatan. Permasalahan Ketiga dalam rangka meningkatkan keterhubungan atau konektivitas antar Lokpri kami juga sangat membutuhkan percepatan pembangunan jalan nasional khususnya ruas Payalaman – Peninting Dipulau Matak dan Jalan Provinsi Ruas Kuala Maras – Simpang Letung di Pulau Jemaja, serta Pembangunan Jembatan Penghubung atau minimum roro Pulau Siantan – Pulau Matak (Konjo-Peninting), dan Pulau Siantan – Pulau Bajau (Genting- Penebung).

Loading...

Percepatan Pembangunan Infrastruktur tersebut akan sangat berarti bagi pertumbuhan Ekonomi dan Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Kepulauan Anambas sebagai salah satu daerah perbatasan dan Beranda Depan di Utara Indonesia.

Selanjutnya, Kegiatan gerbangdutas pada hari ini akan kita jadikan momentum yang sangat penting dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan perbatasan negara, yang ditandai dengan peningkatan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan sinergitas antar pemangku kepentingan dalam pengelolaan perbatasan negara, yaitu pemerintah pusat (K/L), pemerintah daerah, pelaku usaha dan stakeholders yang lain.

Dalam upaya mewujudkan kawasan perbatasan sebagai halaman depan negara yang berdaulat, aman, mandiri, sejahtera dan berdaya saing seiring dengan Visi Misi dan 5 (lima) agenda prioritas Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia tahun 2020-2024, maka penetapan kegiatan Gerbangdutas di Kabupaten Kepulauan Anambas ini merupakan representasi dari wujud nyata hadirnya pemerintah di kawasan perbatasan negara.

Hal ini dapat dipahami mengingat secara geografis wilayah kabupaten Kepulauan Anambas memiliki nilai yang strategis ditinjau dari aspek geopolitis dan geoekonomi, dimana merupakan kabupaten perbatasan laut di provinsi Kepulauan Riau yang wilayahnya terdiri dari kecamatan yang keseluruhannya adalah lokpri terletak diantara negara Asean dan berdekatan dengan laut Natuna Utara (laut Cina Selatan) yang saat ini menjadi issue dan perhatian dunia. (ref)

Loading...
Loading...