Senin | 18 Januari 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Inilah Cara Mudah dan Cepat Membuat Paspor Online untuk Pemula

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Paspor merupakan salah satu tanda pengenal yang wajib dibawa saat bepergian dari suatu negara ke negara lain. Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang yang memuat identitas seseorang untuk melakukan perjalanan antar negara.

Paspor akan diberi cap atau segel visa oleh pihak imigrasi negara tempat kedatangan. Ada setidaknya enam jenis paspor yang dikenal di Indonesia. Paspor yang paling sering digunakan adalah paspor biasa. Paspor ini biasanya digunakan untuk perjalanan reguler.

Loading...

Di Indonesia paspor jenis ini diberi sampul berwarna hijau. Jika Anda baru akan membuat paspor, berikut cara membuat paspor online untuk Anda.

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli dan foto copy,
  2. Kartu Keluarga (KK) asli dan foto copy,
  3. Akta kelahiran atau surat baptis, asli dan foto copy,
  4. Ijazah terakhir atau akta perkawinan atau buku nikah, asli dan foto copy
  5. Paspor lama bagi yang ingin memperpanjang.
  6. KTP kedua orangtua asli dan foto copy,
  7. Kartu Keluarga asli dan foto copy,
  8. Akta lahir anak atau surat baptis, asli dan foto copy,
  9. Buku nikah atau akte nikah orangtua, asli dan foto copy,
  10. Paspor orangtua asli
  11. Paspor lama anak bagi yang ingin perpanjang.
  12. Unduh Aplikasi

Anda perlu mengunduh aplikasi Antrian Paspor di Play Store. Saat ini layanan pengambilan antrian paspor onlie sudah dapat dilakukan via iOS. Cara ini tidak jauh berbeda dengan membuat paspor baru melalui website resmi kantor imigrasi.

  1. Lakukan Pendaftaran

Setelah membuka aplikasi, klik Masuk pada halaman pertama. Kemudian lanjut mengisi data diri secara lengkap, ada username, password, mengisi nama, NIK, nomor HP, email, dan alamat lengkap.

2. Memilih Jadwal Membuat Paspor

Loading...

Setelah semua data terisi lengkap, Anda telah memiliki akun di aplikasi Antrean Paspor untuk membuat jadwal antrian dan memilih kantor imigrasi terdekat dengan Anda untuk membuat paspor.

Setiap kantor imigrasi memiliki batas kuota harian, yang bila penuh harus berganti ke kantor terdekat lainnya. Untuk itu anda dituntut untuk sigap saat nomor antrian telah tersedia. Juga teliti kembali dan pastikan bahwa waktu serta lokasinya sudah sesuai dengan yang Anda pilih.

3. Cek Jadwal Pembuatan Paspor

Anda bisa melihat kembali pada laman user atau pengguna, kemudian klik Lihat Jadwal. Anda akan mendapatkan QR code yang harus ditunjukkan pada petugas.

4. Mendatangi kantor imigrasi

Ingatlah untuk membawa dokumen-dokumen yang telah Anda siapkan sebelumnya, serta berpakaian yang sopan. Pastikan juga bahwa Anda datang 15 menit lebih awal untuk mempermudah pengecekan berkas kembali. Tunjukkan kode booking atau QR code ke petugas untuk mencetak bukti antrean yang berisi nomor urut panggilan membuat paspor.1Foto Diri, Cek Dokumen, Ambil Sidik Jari, dan Wawancara

Proses foto, cek dokumen, ambil sidik jari atau biometrik akan berlangsung bersamaan. Kemudian berlanjut ke antrean wawancara, di sana Anda akan ditanya mengenai alasan pembuatan paspor.

5. Lakukan Pembayaran

Seusai wawancara Anda akan menerima kode pembayaran guna melakukan pembayaran melalui Bank BNI atau ATM, sebesar Rp 355.000 dan Rp 5.000 sebagai biaya admin. Simpanlah bukti pembayaran paspor tersebut.

6. Mengambil Paspor

Anda cukup kembali ke kantor imigrasi lagi setelah 3 atau 4 hari kerja, serta pastikan datang langsung sesuai jadwal pengambilan yang telah ditentukan.

Akhirnya paspor menuju gerbang Anda ke luar negeri siap digunakan pelesiran.

Kemajuan teknologi masa kini memungkinkan pembuatan paspor lebih cepat dan ringkas. Anda hanya membutuhkan koneksi internet yang lancar dan kesigapan untuk mengambil antrian pembuatan paspor.

Jangan lupa untuk mengecek ulang semua kelengkapan persyaratan paspor Anda. Tiga aspek tersebut sangat membantu kelancaran Anda dalam membuat paspor. Jika anda memiliki kendala dan pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada petugas imigrasi. Selamat mengurus paspor!(merdeka .com)

Loading...
Loading...