Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Jadi Presiden Kedua, Soeharto Langsung Bubarkan Partai Komunis Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID – 54 Tahun lalu, tanggal 12 Maret, Jenderal Besar TNI (Purn) Soeharto resmi menjabat sebagai kedua Indonesia.

Penerimaan jabatan jadi orang nomor satu di Indonesia setelah Soeharto diberi mandat oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara (MPRS).

Loading...

Usai menjabat Presiden Republik Indonesia, langsug mengeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) untuk membubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Melalui Kepres nomor 1/3/1966 perihal pembubaran Partai Komunis Indonesia atau PKI. Dalam Kepres itu berisikan membubarkan PKI termasuk bagian-bagian organisasinya dari tingkat pusat sampai ke daerah beserta semua organisasi yang seasas, berlindung, dan bernaung di bawahnya.

Di dunia internasional, Soeharto sering dirujuk dengan sebutan populer “The Smiling General”. Dalam bahasa Indonesia yakni “Sang Jenderal yang Tersenyum”.

Sebutan ini melekat karena raut mukanya yang senantiasa tersenyum dan menunjukkan keramahan. Meski begitu, dengan berbagai kontroversi yang terjadi ia sering juga disebut sebagai diktator bagi yang berseberangan dengannya.

Loading...

Sebelum menjadi presiden, Soeharto adalah pemimpin militer pada masa pendudukan Jepang dan Belanda, dengan pangkat terakhir Mayor Jenderal. Setelah Gerakan 30 September 1965, Soeharto kemudian melakukan operasi penertiban dan pengamanan atas perintah dari Presiden Soekarno, salah satu yang dilakukannya adalah dengan menumpas Gerakan 30 September dan menyatakan bahwa PKI sebagai organisasi terlarang.

Berbagai kontroversi menyebut operasi ini menewaskan sekitar 100.000 hingga 2 juta jiwa, namun jumlah ini patut dipertanyakan karena korban dari Gerakan 30 September juga banyak. (wikipedia.org)

Loading...
Loading...