Rabu | 02 Desember 2020 |
×

Pencarian

PARIWISATA

Legit Wangi Putu Kaddaro, Kue Tradisional Polewali Mandar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Polewali – Warga Kabupaten Polewali Mandar punya kue tradisional bernama Putu Kaddaro. Rasanya manis dan legit, sangat pas disajikan bersama kopi manis atau teh hangat.

Kue tradisional khas suku mandar ini, terbuat dari tepung beras yang dicampur bersama tepung ketan, serta parutan kelapa dan gula aren.

Disebut Putu Kaddaro, karena cetakan untuk membuat kue ini menggunakan Kaddaro atau tempurung kelapa berukuran sedang. Permukaan kue putu yang telah dibentuk menggunakan kaddaro, diberi topping gula merah ataupun pemanis lainnya, tergantung selera.

Setelah itu, putu dikukus di atas tungku yang terbuat dari tanah liat, dan menggunakan kayu sebagai bahan bakar. Walau kepulan asap yang ditimbulkan membuat mata terasa perih, penggunaan tunggu tanah liat ini diakui menambah kenikmatan rasa kue Putu Kaddaro.

Loading...

Namun sayang, kendati proses pembuatan kue Putu Kaddaro ini relatif mudah, namun keberadaannya sudah jarang dijumpai. Tidak heran jika penjual kue Putu Kaddaro selalu ramai pembeli. Salah satunya terletak di Kompleks Pasar Rakyat, Kecamatan Luyo, Kabupaten Polewali Mandar.

Salah satu warga bernama Icci (50 Tahun) mengatakan telah lebih setahun lamanya menggeluti profesinya sebagai pembuat dan penjual kue Putu Kaddaro.

” Untuk satu buah putu, saya jual seharga seribu rupiah, hasilnya lumayan, sekali jualan bisa dapat 100 sampai 150 ribu rupiah ” katanya kepada detikfood, Jumat 13 Maret 2020

Menurut Icci, ilmu membuat kue Putu Kaddaro diperoleh secara turun temurun dari keluarganya, ” Ilmunya diperoleh dari nenek-nenek yang memang dari dulu biasa membuat kue tradisional ini, ” ungkapnya sembari tertawa.

Loading...

Sementara itu, salah seorang pembeli bernama Heril mengaku setiap minggu mengunjungi pasar Baru Luyo, hanya untuk membeli kue Putu Kaddaro, ” Sudah sejak dulu saya dan keluarga sangat suka menikmati kue Putu Kaddaro, makanya kalau ke sini biasa lebih pagi, takut kehabisan karena yang membeli banyak dan kadang harus antre, ” ungkapnya.

Dahulu kue Putu Kaddaro ini sangat mudah dijumpai, baik yang dijual di pasar maupun yang disajikan pada setiap acara maupun pesta yang berlangsung di daerah ini.

Bagi warga yang penasaran dan ingin menikmati rasa kue Putu Karoro yang khas, jangan lupa mampir jika berkunjung ke daerah ini. Namun jika tidak ingin repot, boleh membuat sendiri. (detik.com)

Loading...
Loading...