Kamis | 09 April 2020 |
×

Pencarian

TANJUNG PINANG

Pembukaan MTQ ke-14 Kota Tanjungpinang Berlangsung Meriah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Tanjungpinang – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-14 tingkat Kota Tanjungpinang tahun 2020 resmi dimulai. Pelaksanaan pembukaan tersebut berlangsung meriah dengan diisi atraksi tari kolosal yang memiliki ciri khas Melayu. Pembukaan dilaksanakan di Terminal Sungai Carang, Ahad, 8 Maret 2020 malam.

Walikota Tanjungpinang, H. Syahrul, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan melalui MTQ ini diaplikasikan dalam kehidupan agar tercipta masyarakat yang Qurani.

Loading...

“Dalam konteks pembangunan, MTQ merupakan wahana untuk menciptakan masyarakat dan generasi qurani, mampu menyerap nilai-nilai dan kandungan Al-Qur’an sehingga dapat memposisikan dirinya sebagai agen perubahan sosial dalam pola kehidupan bermasyarakat,” ungkapnya.

Syahrul juga menyampaikan ucapan selamat bertanding kepada seluruh kafilah semoga dapat menjadi yang terbaik untuk mewakili Kota Tanjungpinang di tingkat Provinsi Kepulauan Riau yang akan dilaksanakan pada bulan April mendatang di Kota Tanjungpinang.

Hj. Rahma, S.IP, Wakil Walikota Tanjungpinang, selaku Ketua LPTQ Kota Tanjungpinang mengatakan bahwa kegiatan musabaqah dalam bidang tilawah, tafsir, Tahfidz dan bidang lainnya kini sudah tidak asing lagi bagi umat Islam di tanah air dan sudah menjadi ajang perlombaan yang diandalkan. 

“Kegiatan seperti ini diselenggarakan setiap tahun secara berjenjang, dimulai dari tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten dan Kota hingga tingkat Nasional,” ujar Rahma. 

Loading...

Lanjutnya, penyelenggaraan MTQ ini tentu tidak hanya sekedar bermakna sebagai peneguhan syi’ar Islam, tetapi lebih jauh diharapkan menjadi barometer untuk mengukur hasil kegiatan pembelajaran Al-Qur’an yang berlangsung di masyarakat.

“Dalam kesempatan ini saya mengucapkan selamat mengikuti MTQ kepada seluruh peserta dan kepada Dewan Hakim saya ucapkan selamat menjalankan tugas sesuai dengan amanah yang di berikan,” ungkap Rahma.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Drs. H. Tamrin Dahlan, M. Si melaporkan bahwa pelaksanaan MTQ ke-14 Kota Tanjungpinang ini akan berlangsung selama 7 hari, dimulai dari tanggal 8 hingga 14 maret 2020, dan khusus Malam Tabligh Akbar akan dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2020 dengan menghadirkan Ustad Haikal Hasan dari Jakarta.

“Adapun cabang yang diperlombakan adalah Cabang Tilawah, Cabang Hifzil, Cabang Fahmil Quran, Cabang Syarhil Quran, Cabang Khat Quran, Cabang Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Quran, serta untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ ke-14 Kota Tanjungpinang juga dilaksanakan lomba Qasidah Dewasa, Marawis Remaja, Bazar dan Pawai Ta’aruf,” ujar Tamrin. 

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan MTQ ke-14 Kota Tanjungpinang ini diikuti oleh peserta yang merupakan utusan dari 4 Kecamatan di Kota Tanjungpinang. 

“Untuk Kecamatan Tanjungpinang Timur berjumlah 46 orang, Kecamatan Tanjungpinang Barat berjumlah 46 orang, Kecamatan Tanjungpinang Kota berjumlah 44 orang dan Kecamatan Bukit Bestari berjumlah 46 orang, untuk seluruh kecamatan, juga mengutus peserta lomba kompang dan marawis masing-masing 1 group,” ungkap Tamrin. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten 1 Setdaprov Kepri, Drs. H. Raja Ariza, MM, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni, SH beserta anggota, FKPD Kota Tanjungpinang, Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Juwariyah Syahrul, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs. Teguh Ahmad Syafari, M.Si, Ketua DWP Kota Tanjungpinang, Dian Andriani Teguh, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, H. Wan Raffiwar, Mantan Walikota Tanjungpinang, Hj. Suryatati A Manan, serta Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. (r/sal)

Loading...
Loading...