Senin | 25 Januari 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Pencabutan Pasal 34 PKPU, Begini Komentar Ketua KPU RI Arief Budiman Soal Pencalonan Perseorangan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jember – Ketua KPU RI Arief Budiman masih meyakini mereka yang sudah bekerja keras mendaftar melalui jalur perseorangan akan tetap mendaftar melalui jalur tersebut.

Ngapain mau berpayah-payah mencari dukungan untuk maju melalui jalur perseorangan, jika dia tidak mau maju melalui jalur tersebut,” ujar Arief saat berada di Jember, Sabtu 07 Maret 2020 malam.

Loading...

Pernyataan Arief ini dilontarkan ketika dia ditanya tentang pencalonan melalui jalur perseorangan pasca diubahnya Peraturan KPU No 3 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pencalonan Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Pasal 34 di PKPU itu dicabut. Pasal itu mengatur pencalonan jalur perseorangan.

Pasca dicabutnya pasal itu, seseorang yang sudah dinyatakan gagal maju melalui jalur perseorangan karena berkasnya tidak memenuhi syarat, tidak bisa lagi maju melalui jalur partai politik.

Ketika ditanya lebih detil tentang celah pencabutan berkas dari bakal calon perseorangan meskipun berkasnya dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU, Arief menegaskan dirinya tidak mau berandai-andai.

Loading...

Wartawan menanyakan jika ada bakal pasangan calon yang mendapatkan rekom partai politik, meskipun dia sudah memasukkan berkas dukungan ke KPU dari jalur perseorangan, dan berkasnya dinyatakan memenuhi syarat.

“Saya tidak mau berandai-andai. Kan sudah ada aturan tentang pelarangan mengundurkan diri. Masak mereka yang sudah berpayah-payah mengumpulkan berkas dukungan, kok tidak mendaftar melalui jalur perseorangan,” tegas Arief.

Sejauh ini Arief masih berkesimpulan mereka yang telah memasukkan berkas dukungan jalur perseorangan, dan berkasnya dinyatakan MS (memenuhi syarat), akan tetap memilih mendaftar melalui jalur tersebut.

Arief menegaskan, beberapa waktu lalu adalah proses penyerahan berkas dukungan melalui jalur perseorangan.(surya.co.id)

Loading...
Loading...