Kamis | 09 April 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Pengoperasian Kapal Roro ke Natuna Tunggu Kepastian Tarif

MEDIAKEPRI.CO.ID ,Natuna – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar DJ, menjawab pertanyaan masyarakat terkait kapan kepastian Kapal Ron On Ron Of (Roro) beroperasi dan melayani penumpang di Natuna.

“Ya itu diusahakan paling lambat sebelum waktu mudik lebaran bisa beroperasi ya,” kata Iskandar.

Loading...

Saat ini menurut Iskandar, penyebab belum beroperasinya Kapal Roro KMP Bahtera Nusantara 01, lantaran tarif tiket belum ditetapkan besarannya.

“Saat ini pihak ASDP dan Dinas Perhubungan Provinsi sedang melakukan pembahasan tarifnya. Kapal nya sudah ada di Tanjung Uban tinggal menunggu itu saja untuk beroperasi,” terang Iskandar.

Nantinya lanjut Iskandar, akan diterbitkan ketentuan tentang harga tiket kapal Roro itu melalui dua Surat Keputusan(SK), yakni SK Gubernur dan SK Bupati.

“SK Gubernur mengatur tarif antar Kabupaten dan SK Bupati mengatur tarif antar kecamatan, Sekarang hanya tinggal menunggu tarifnya, nanti kan mau dirapatkan soal tarif, makannya minggu depan kita undang ASDP untuk ikut rapat,” ungkapnya.

Loading...

Iskandar DJ pun memastikan, sarana dan prasarana pelabuhan Roro di Tanjung Payung Penag, sudah memadai untuk disandari Kapal bertonase 1500 grosston(GT) itu.

Perlu diketahui, KMP Bahtera Nusantara 01 dapat menampung penumpang 378 orang dan ABK sebanyak 24 orang. Kapal itu dibangun dengan panjang 72 meter dan lebar 14 meter, serta dibekali kapasitas mesin mencapai 2×1850 HP.

Direncanakan, kapal yang akan melayani angkutan barang dan orang itu akan melintasi rute Tanjunguban – Matak- Penagi – Serasan – Sintete, dan sebaliknya.

Iskandar pun berharap, proses tersebut berjalan dengan lancar sehingga Kapal Roro yang didambakan Masyarakat Natuna dapat segera beroperasi. (alfian)

Loading...
Loading...