mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

DPRD BENGKALIS

Terkait Covid-19, DPRD Bengkalis Tegaskan Pelabuhan BSSR Harus Jadi Perhatian Khusus

| Jumat | 20 Maret 2020 | 21:59 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis, – Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, Surya Budiman meminta agar Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus meningkatkan kewaspadaan terhadap wabah virus corona yang menjadi perhatian belakangan ini.

Menurut Politikus dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, kewaspadaan itu harus ditingkatkan terutama di Pelabuhan Bandar Sri Setia Raja (BSSR) Selat Baru.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, penyebaran virus corona rentan di bawa ke dalam negeri oleh seseorang yang terjangkit saat berada di luar wilayah (negeri).

“Kita berharap Pemerintah Kabupaten Bengkalis lmmeningkatkan lagi kewaspadaan dalam menghadapi penyebaran virus corona di wilayah Kabupaten Bengkalis. Baik peningkatan seperti peralatan pendeteksi suhu tubuh yang memadai di pelabuhan-pelabuhan, terutama pelabuhan lnternasional Selat Baru.

Berdasarkan data yang kami terima, virus ini bersifat imported case yakni berasal dari luar. Bisa jadi karena sedang bekerja atau berpergian keluar negeri,” katanya, Jumat, 20 Maret 2020.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis layak menyediakan tempat karantina, karena mengingat ramainya kepulangan warga dari Malaysia melalui Bengkalis. Bukan tidak mungkin, lepas dari pemeriksaan suhu tubuh di kemudian hari ia mengalami keluhan layaknya seseorang terindikasi virus.

“Kami berharap kepada instansi terkait untuk menyediakan fasilitas karantina bagi penumpang yang baru tiba di pelabuhan-pelabuhan yang ada di kabupaten Bengkalis, terutama yang melayani pelayaran keluar negeri. Bila perlu ditutup untuk sementara waktu, itu langkah pengendalian,” ujar Surya.

Hal senada juga disampaikan anggota DPRD H. Mawardi. Ia mengakui banyak di hubungi warga terkait kekhawatiran akan kepulangan penumpang melalui BSSR.

Ketua Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Bengkalis ini juga mengatakan kekhawatiran warga terhadap aktivitas keberangkatan di BSSR, Pasalnya, BSSR melayani rute ke Negeri Jiran Malaysia yang tak lain merupakan salah satu daerah terjangkit virus corona.

“Setelah mendapat laporan dari warga, kami langsung menghubungi pihak Dinas Perhubungan. Dikabarkan bahwa sejak besok aktifitas di pelabuhan BSSR ditutup untuk sementara waktu sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran covid-19,” ujar H. Mawardi.

Mawardi berharap, Pemerintah memberikan perhatian lebih terhadap fasilitas kesehatan guna mengantisipasi corona. Selain itu, perhatian juga harus diberikan terhadap tenaga medis baik perawat maupun dokter yang menangani pasien suspect.

“Kita sangat mengapresiasi kinerja tenaga medis kita baik para dokter, perawat maupun unsur lainnya yang bekerja dengan baik untuk membantu pasien suspect covid-19. Kita akan mendorong agar pemerintah Kabupaten Bengkalis menjamin ketersediaan fasilitas yang diperlukan dan meningkatkan kesejahteraan bagi tenaga medis kita,” tandasnya.

Mawardi juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap waspada dan menjaga kebersihan serta harus berpola hidup sehat (juny)