Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

HARI INI SEJARAH

Jadi Tawanan Politik, Perdana Menteri Pertama Indonesia Sutan Syahrir Meninggal Dunia Dipengasingan

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sutan Syahrir adalah Perdana Menteri Indonesia ke-1. Lelaki asal Padang Panjang, Sumatera barat ini adalah seorang intelektual, perintis, dan revolusioner kemerdekaan Indonesia.

Usai Soekarno-Hatta mengproklamirkan kemerdekaan, dalam tatanan kepemerintahan yang dipimpin Soekarno, ia menjabat sebagai Perdana Menteri Indonesia ke-1.

Loading...

Di ranah kemerdekaan Indonesia, ia menjadi politikus. Dan ia menjabat Perdana Menteri dari 14 November 1945 hingga 20 Juni 1947.

Setelah selesai mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai Perdana Menteri, Sutan Syahrir mendirikan Partai Sosialis Indonesia (PSI) pada tahun 1948.

Tahun 1955, PSI gagal mengumpulkan suara dalam pemilihan umum pertama di Indonesia. Setelah kasus PRRI tahun 1958, hubungan Sutan Syahrir dan Presiden Soekarno memburuk sampai akhirnya PSI dibubarkan tahun 1960.

Tahun 1962 hingga 1965, Syahrir ditangkap dan dipenjarakan tanpa diadili sampai menderita stroke.

Loading...

Setelah itu Syahrir diizinkan untuk berobat ke Z├╝rich Swiss, salah seorang kawan dekat yang pernah menjabat wakil ketua PSI Sugondo Djojopuspito mengantarkannya di Bandara Kemayoran dan Syahrir memeluk Sugondo dengan air mata.

Ia meninggal dalam pengasingan sebagai tawanan politik dan dimakamkan di TMP Kalibata, Jakarta.

Sutan Syahrir ditetapkan sebagai salah seorang Pahlawan Nasional Indonesia pada tanggal 9 April 1966 melalui Keppres nomor 76 tahun 1966. (wikipedia.org)

Loading...
Loading...