Kamis | 22 Oktober 2020 |
×

Pencarian

OTOMOTIF

Mengintip Toko Sparepart Mobil-mobil Mewah di Essex

MEDIAKEPRI.CO.ID, Chelmsford – Para pemilik supercar pasti mengalami kesulitan saat harus mencari sparepart. Mengingat, hanya segelintir orang yang mampu membeli mobil eksotik dari sejumlah brand seperti Ferrari, Lamborghini dan Maserat.

Hal ini pun memberi inspirasi James Pumo untuk mendirikan toko sparepart supercar. Dilansir dari Autocar pada Senin 20 April 2020, toko sparepart yang terletak di Essex, Inggris itu merupakan toko dengan nama Eurospares.

Loading...

Pumo mengatakan, sebagian sparepart didapat dari mobil bekas maupun mobil yang mengalami kecelakaan. Ia membeli mobil dalam beragam usia itu untuk kemudian menggunakan sparepartnya untuk dijual secara terpisah sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa sparepart pun merupakan barang baru. Ia mendapat sparepart asli dan baru itu dari beberapa toko sparepart atau bengkel resmi yang sudah tak lagi beroperasi.

Di dalam Gudang yang sekaligus jadi garasi, Eurospares langsung menyambut pengunjung dengan sejumlah mobil eksotik dalam beberapa kondisi. Ada yang masih terlihat utuh maupun yang sudah tak utuh karena ada beberapa sparepart yang telah dibeli secara terpisah.

Semua itu tertata rapi sampai-sampai terlihat seperti rak mainan anak-anak. Beberapa mobil yang terdapat di dalam Eurospares diantaranya adalah Lamborghini, Ferrari 308 GT4, 348, 458, 599 GTB, 612 Scaglietti dan Maserati GTs.

Loading...

Tak hanya itu, layaknya sebuah toko sparepart profesional, Pumo juga menyimpan seluruh sparepart dengan rapi dan sistematis. Setiap sparepart pun telah diberi kode unik untuk memudahkan pencarian.

Sebenarnya, Gudang mobil eksotik ini dirintis oleh ayah Pumo. Saat itu, ayahnya merupakan seorang penata rambut dan sering ke Italia untuk membeli pengering rambut. Kemudian, sebuah dealer Ferrari di Italia menawarkan beberapa sparepart yang mungkin dapat dijual di Inggris.

Mulai dari situlah kemudian Pumo dan ayahnya mulai mengelola toko sparepart. Hingga saat ini, total Eurospares telah berperan dalam melakukan perbaikan ratusan Ferrari dan belasan Lamborghini.

Selain menjual sparepart, Pumo pun menjual mesin secara utuh. “Tapi memang hanya sedikit yang membeli mesin secara utuh. Mayoritas pembeli hanya membutuhkan sparepart tertentu dan mempertahankan mesin aslinya,” kata Pumo.

Ia juga mengaku, sebagian konsumen yang datang adalah konsumen yang sempat mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, sparepart yang paling laris adalah sparepart untuk bagian depan mobil.

Soal harga, rata-rata Pumo menjual dengan harga setengah dari harga baru. Tapi, Pumo dan tim-nya juga selalu memantau perubahan harga. Mengingat kebanyakan adalah barang langka, maka harga pun dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi pasar.

“Harga mobil eksotik terkadang tiba-tiba mengalami kenaikan. Jika demikian, maka kami juga akan melakukan penyesuaian harga,” ujarnya.

Dalam pasar ini, sebenarnya Eurospares tidak bermain sendirian. Mengingat, dealer Ferrari juga melayani penjualan sparepart untuk mobil yang usianya di bawah 10 tahun. Untuk mobil Ferrari di atas 10 tahun, penjualan sparepart dikelola oleh Maranello Classic Parts.

Bahkan, divisi Classiche Ferrari dan Maranello Classic Parts dapat melakukan pembuatan sparepart yang memang sudah tidak ada di pasaran. (republika.co.id)

Loading...
Loading...