Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Rasio Positif Covid-19 Tinggi, Kadis Kominfotik Imbau Masyarakat Bengkalis Lebih Waspada Bila ke Dumai

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Kadis Kominfotik, Johansyah Safri mengimbau masyarakat Kabupaten Bengkalis agar lebih meningkatkan kewaspadaan bila ingin berkunjung ke Dumai, mengingat tingginya rasio Positif Covid-19 di daerah tersebut.

Imbauan ini disampaikan Johan melalui website resmi Dinas Kominfotik, Minggu, 19 April 2020

Loading...

Johan menjelaskan, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 di Provinsi Riau per 18 April 2020 tercatat 150 orang. Sedangkan warga yang positif Covid-19 berjumlah 30 orang.

Dari 30 warga yang positif Covid-19, sebanyak 14 orang atau 46,67 persen berdomisili di Pekanbaru. Kemudian, 6 orang atau 20,00 persen di Kota Dumai, 4 orang atau 13,33 persen di Kabupaten Pelalawan, dan 2 orang atau 6,67 persen di Kabupaten Kampar. Sedangan sisanya 4 orang atau masing-masing 3,33 persen berada di Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hilir, Siak, dan Rokan Hulu, ujar Johan mengutip dari corona.riau.go.id.

Bila dilihat dari rasionya terhadap PDP di masing-masing daerah, rasio warga yang positif Covid-19 di Dumai lebih tinggi dari Pekanbaru. Yang mana di Pekanbaru setiap 5 PDP terdapat 1,1 orang yang positif Covid-19. Sementara di Dumai setiap 3 PDP, 1 orang positif Covid-19, terang Johan.

Mengingat Dumai merupakan salah satu daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bengkalis, Johan mengingatkan, agar warga daerah ini benar-benar meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian bila ingin berkunjung ke Dumai. Terutama bagi warga yang berada di kecamatan yang berbatasan langsung dengan Dumai, seperti Kecamatan Bathin Solapan dan Kecamatan Bandar Laksamana.

Loading...

Saat ini Dumai memang belum ditetapkan menjadi daerah terjangkit seperti Pekanbaru. Namun, jika tidak sangat mendesak, alangkah lebih baiknya untuk tetap berdiam diri di rumah. Jika memang terpaksa harus ke Dumai, tingkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian selama berada disana, imbau Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis ini.

“Patuhi betul prokotol kesehatan untuk pencegahan Covid-19 dengan baik dan benar. Laksanakan physical distancing atau jaga jarak fisik bila berinteraksi dengan siapapun saat berada di Dumai. Jangan lengah,” pesannya.

Balita Terpapar dari Kakeknya

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona di Riau, Indra Yopi dalam konferensi pers tentang update kasus Covid-19, Sabtu, 18 April 2020 menjelaskan, seorang Balita di Dumai berinisial DYA yang berusia 2 tahun, positif terinfeksi Covid-19.

“Balita itu diduga terpapar dari kakeknya (berinisial K) yang beberapa waktu lalu melakukan perjalanan ke Bekasi (Jawa Barat)” jelasnya dikutip dari pekanbaru.tribunnews.com.

Kata Yopi, Balita berinisial DYA itu dinyatakan sebagai pasien ke-29 yang dinyatakan terinfeksi Virus Corona di Riau.

“Untuk DYA, Ini merupakan kasus pertama kita (Riau) di bawah 5 tahun,” papar Yopi.

Selain itu, Yopi juga menjelaskan, S (istri K), juga dinyatakan positif Covid-19.

Masih mengutip pekanbaru.tribunnews.com, dengan tambahan 3 kasus di Kota Dumai, pada Sabtu kemarin, maka posisi Dumai menjadi nomor 2 setelah Pekanbaru. (juny/diskominfotik)

Loading...
Loading...