Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Tekan Penyebaran Covid-19, Bengkalis Dirikan Posko di Pintu Masuk Perbatasan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Diapit 2 Daerah Transmisi Lokal, yaitu Dumai dan Pekanbaru, Pemkab Bengkalis akan dirikan posko penanganan Covid-19 di setiap pintu masuk perbatasan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bengkalis, Djoko Edy Imhar dalam rapat terkait pendirian posko penanganan Covid-19 di ruang rapat Kantor Camat Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Rabu, 22 April 2020.

Loading...

Rapat dihadiri Camat Bukit Batu diwakili Sekcam, Jundi Mustari, Camat Siak Kecil Fadlul Wajdi, Camat Bandar Laksamana, Acil Esyno, Kapolsek Bukit Batu, Kompol Hendrik S beserta jajarannya, Kapolsek Siak Kecil, Iptu Sunaryo beserta jajarannya, Koramil 07 Bukit Batu, Kepala UPT Puskesmas Sadar Jaya, dr. Rolan James Manulang, Kepala UPT Puskesmas Lubuk Muda dan tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis.

Djoko, Kepala Dinas Perhubungan yang juga anggota penanganan gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis yang bertugas menangani Covid-19 di daerah secara menyeluruh antar instansi ini mengatakan perlu didirikan posko di setiap perbatasan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Apalagi daerah kita berbatasan langsung dengan Daerah Transmisi Lokal (DTL) seperti Dumai dan Pekanbaru,” ujar Djoko.

Selanjutnya Djoko mengatakan, untuk melakukan deteksi awal terhadap masyarakat yang keluar masuk Kabupaten Bengkalis, harus didirikan Posko di setiap pintu masuk perbatasan yang salah satunya di Kecamatan Bandar Laksamana dan Kecamatan Siak Kecil.

Loading...

“Kita akan dirikan posko di Desa Sepahat dan di Desa Sungai Siput. Masing-masing posko diisi oleh 7 petugas yang terdiri dari TNI, POLRI, Dishub, Tim Medis dan BPBD serta Satpol PP setempat, yang dibagi menjadi 2 Shift selama 90 hari sampai ada pemberitahuan selanjutnya mengenai keadaan pandemic Covid-19,” ujar Djoko menjelaskan.

Adapun, lanjut Djoko, posko tersebut akan didirikan di Kantor Desa Sungai Siput untuk Kecamatan Siak Kecil dan untuk Kecamatan Bandar Laksamana di Kantor Desa Sepahat. Mengenai konsumsi dan perlengkapan serta peralatan seperti Thermometer Gun dan yang lainnya, akan disiapkan oleh Pemkab.

Selanjutnya, tugas dari tim yang ada di posko adalah mendata setiap warga yang masuk ke wilayah Kabupaten Bengkalis seperti riwayat perjalanannya apakah datang dari daerah zona merah atau tidak.

“Kalau ada warga yang datang dari daerah zona merah seperti Dumai, Pekanbaru, Medan atau Jawa, dan jika setelah diperiksa suhu tubuhnya mencapai 38 °C atau lebih, maka harus diisolasi mandiri atau karantina mandiri di posko isolasi mandiri yang sudah di siapkan, sesuai protokol kesehatan penanganan Covid-19,” ujar Djoko mengakhiri pembicaraannya. (juny)

Loading...
Loading...