Kamis | 09 Juli 2020 |
×

Pencarian

LINGGA

ASN Lingga Meninggal Positif Corona Jadi Perhatian, Alias Wello: Rekam Jejak dan Riwayat Pasien Perlu Diwaspadai

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Bupati Lingga, Alias Wello menyampaikan rekam jejak dan riwayat aparatur sipil negara (ASN) yang meninggal di Batam perlu diwaspadai.

“Rekam jejak dan riwayat pasien tersebut di RSUD Dabo Singkep sehingga menjadi perhatian bersama,” kata Alias Wello Rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lingga terkait Pasien Rujukan RSUD Dabo Singkep yang Positif COVID-19 di RSUD Budi Kemuliaan, di Gedung Daerah Dabo Singkep, Sabtu, 30 Mei 2020 malam.

Loading...

Rapat tersebut dihadiri Letkol Laut (P) Zul Fahmi (Danlanal Dabo Singkep), Ahmad Nashiruddin (Ketua DPRD Kabupaten Lingga), Kompol Rusdwiantoro (Kabagops Polres Lingga), Juramadi Esram (Sekda Kabupaten Lingga), Kapten Ismarli Koto (Danramil Dabo Singkep), Drs. Syamsudi (Plt. Kadinkes PPKB Kabupaten Lingga).

Tampak hadir juga, Fazinawati (Kabid P2P Dinkes Kabupaten Lingga), Adi Sutrisna (Kasi LLAJ Dishub Kabupaten Lingga), Bukit T. R. Gultom (Direktur RSUD Dabo Singkep), Abdul Manaf (Kasi Ops Satpol PP Kabupaten Lingga), dr. Indra (Ketua IDI Kabupaten Lingga), Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Lingga.

Seorang ASN Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, dinyatakan positif corona dan meninggal dunia di RS Budi Kemuliaan, Batam. Pasien adalah Suwarno (53) tahun itu, meninggal dunia, Kamis, 28 Mei 2020 pagi pukul 08.08 WIB.

Berikut adalah riwayat perawatan alm Suwarno, saat masih berada di Lingga hingga akhirnya dirujuk ke Batam dan meninggal di Batam.

Loading...

Rabu, Tanggal 13 Mei 2020, alm Suwarno pertama kali datang ke Poli PD di RSUD Dabo Singkep. Ia mengeluhkan rasa nyeri di perutnya. Setelah ditangani dokter di poli dan diberi resep, ASN di bagian Pengawas Sekolah ini pun diperbolehkan pulang.

Selasa 19 Mei 2020, alm Suwarno kembali mendatangi RSUD Dabo Singkep. Kali ini kondisinya cukup serius. Ia tak melewati jalur poli lagi, tapi sudah langsung masuk UGD RSUD Dabo Singkep. Keluhannya sama, nyeri di perut kanan atas yang tak tertahankan lagi.

Setelah dilakukan pemeriksaan dokter, alm pun dirawat inap di rumah sakit pemerintah itu, terhitung sejak tanggal 19 Mei 2020 hingga tanggal 27 Mei 2020.

Lantaran sakitnya yang membutuhkan tindakan medis khusus, alm Suwarno pun akhirnya pada Rabu 27 Mei 2020 pagi sekitar pukul 08.00 WIB diberangkatkan untuk dirujuk ke RSBP Batam.

Dari RSUD Dabo Singkep jam 08.00 WIB, dan menempuh perjalanan laut 3 jam, akhirnya alm Suwarno, sampai di Pelabuhan Sekupang, Batam pukul 11.00 WIB. Pukul 11.30 WIB, akhirnya alm Suwarno sampai di RSBP Batam.

Sesampai di rumah sakit tersebut, dilakukan tindakan detil oleh Tim Medis RSBP Batam. “Semua kita periksa ulang di RSBP, termasuk RO thorax ulang,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Dr Didi Kusmarjadi SPOg.

Dari pemeriksaan itu didapatkan hasil pneumonia. “Disinilah, pasien akhirnya kita tetapkan sebagai PDP (pasien dalam pengawasan),” terang Capt Corona Batam ini.

Karena dibutuhkan HD Cito dalam perawatan alm, dan di RSBP Batam alat itu tak ada, akhirnya pasien pun dirujuk ke RS Budi Kemuliaan, pada malam hari itu juga, Rabu, 27 Mei 2020. Sampai di RSBudi Kemuliaan sekitar pukul 02.15 WIB dini hari, Kamis, 28 Mei 2020.

Pasien langsung menjalani perawatan dan persiapan untuk cuci darah. Kamis, 28 Mei 2020 sekitar pukul 08.08 WIB alm dinyatakan meninggal dunia. Karena PDP, akhirnya pemakamannya kita laksanakan sesuai protokol corona covid 19.

Sabtu, 30 Mei 2020, hasil swab tes Pengawas Sekolah Kabupaten Lingga ini keluar. Hasilnya dinyatakan positif. (kmg)

Loading...
Loading...