Jumat | 04 Desember 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Bagi Masyarakat yang Alami Batuk, Pilek dan Demam, Puskesmas Batam Layani RDT Covid-19 Gratis

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Puskesmas di Batam memberikan layanan rapid dignostic test (RDT) secara gratis bagi masyarakat yang memiliki gejala batuk, demam serta pilek. Karena itu masyarakat yang memiliki gejala tersebut agar dapat memeriksakan diri di puskesmas terdekat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi mengatakan RDT digunakan sebagai skrining medis awal yang cepat dan mudah dilakukan. Maka itu masyarakat yang memiliki gejala-gejala penyakit ringan tersebut bisa melakukan RDT gratis di puskesmas.

Loading...

“Silahkan datang ke puskesmas terdekat, sesuai jam kerja puskesmas,” kata Didi, Sabtu, 2 Mei 2020.

Dengan pemeriksaan awal tersebut diharapkan pencegahan penyebaran corona virus disease (Covid-19) bisa lebih optimal. Sebab, ciri-ciri gejala awal Covid-19 biasanya ditandai dengan batuk, pilek dan demam biasa. Itu sebabnya masyarakat yang memiliki gejal tersebut diminta untuk RDT.

Didi menjelaskan masyarakat cukup datang ke puskesmas dengan membawa identitas diri dan mendaftar ke petugas. Setelah daftar nantinya akan diarahkan oleh petugas untuk dilakukan pemeriksaan RDT dan masyarakat tidak perlu menunggu lama.

“Tidak ada biaya, semuanya gratis. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” jelasnya.

Loading...

Kemudian terkait orang tanpa gejala (OTG) menurut dia juga akan dilakukan RDT. Namun yang masuk dalam OTG tesebut adalah orang yang melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19 tapi tidak memiliki gejala apapun.

“OTG hanya yang kontak primer dengan pasien Covid-19 saja,” jelasnya. (mediacenter.batam.go.id)

Loading...
Loading...