Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

ADVETORIAL

Dinas Perikanan Kuansing Imbau Masyarakat untuk Tingkatkan Minat Budidaya Ikan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Teluk Kuantan – Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Ir. Zapnil Helmi, Msi imbau seluruh masyarakat Kuansing untuk meningkatkan budidaya ikan.

Ia mengatakan berbudidaya ikan untuk daerah Kuansing ini sangat bagus, selain kondisi alam yang medukung, juga kebutuhan pasar yang masih tinggi. Bahkan, katanya, ikan hasil kolam di Kuasing cukup diminati oleh kabupaten lain, seperti Kabupaten Inhu dan Inhil.

Loading...

“Saya berharap kepada petani ikan yang ada sekarang ini, untuk selalu bersemangat, ditambah lagi dengan adanya musibah covid 19 ini. Pasokan ikan dari luar tidak lagi bisa masuk, jadi sangat kita harapkan petani terus berupaya untuk meningkatkan produksi kolamnya,” kata Zapnil Helmi kepada mediakepri.co.id di ruang kerjanya, Selasa, 12 Mei 2020.

Lebih lanjut Kadis Perikanan juga mengatakan, dalam rangka untuk meningkatkan hasil produksi ikan ini, Dinas Perikanan mengimbau kepada para petani ikan untuk menambah unit kolamnya. Bagi petani yang memerlukan penggunaan alat berat jenis Excavator untuk membuat kolam baru, tambahnya, Dinas Perikanan telah menyediakan Excavator dengan sistem sewa yang harganya relatif sangat murah.

Excavator milik Dinas Perikanan saat melakukan pembuatan kolam masyarakat di Desa Benai

” Ya. Kita (Dinas Perikanan red) telah memiliki alat berat jenis Excavator untuk disewakan, yang harga sewanya sangat terjangkau oleh petani kita. Petani cukup bayar sewa lebih kurang Rp1.100.000 dalam satu hari,” ujar Zapnil

Kemudian Kepala Bidang Perikanan Budidaya, Dinas Perikanan, Pemkab Kuansing, Ekta satria, Spi mengatakan dalam rangka untuk meningkatkan hasil panen para petani ikan, Dinas perikanan telah melakukan penyuluh terhadap masyarakat, melalui pelaksana perikanan lapangan (PPL).

Loading...

Ia juga mengatakan, bagi masyarakat perorangan atau kelompok orang yang ingin meningkatkan hasil prosuksi ikan, dengan menambah unit kolam dan membutuhkan excavator bisa lansung berkoordinasi sama PPL yang ada di desa, dan membuat surat permohonan peminjaman alat dan buktikan tanda tangan petugas PPL tersebut.

“Kita selalu siap membantu masyarakat untuk meningkatkan hasil kolamnya. Bila ingin menggunakan alat berat, kita akan proses secepatnya, sesuai aturan yang ada,” ucap Eka

Excavator milik Dinas Perikanan saat melakukan pembuatan kolam masyarakat di Desa Benai

Kemudia Eka juga mengatakan masalah benih ikan, untuk saat ini Dinas Perikanan masih memiliki balai balai benih yang aktif memproduksi. Jadi bagi masyarakat yang ingin membudidayakan ikan, tambahnya, dinas perikanan selalu siap untuk membantu, baik untuk penyuluhan, bibit ikan, pakan bersubsidi dan armada pembuatan kolam.

“Kami dari pihak Dinas Perikanan selalu siap membantu masyarakat untuk membudidayakan ikan. Jadi apabila ada yang dibutuh masyarakat, kami berharap masyarakat jangan sungkan untuk bertanya, dan meminta sama Dinas Perikanan,” pinta Eka (depriandi)

Loading...
Loading...