Senin | 01 Juni 2020 |
×

Pencarian

HEADLINE

Panduan PSBB, Bengkalis Terbitkan Perbup Nomor 39, Penuhi Kebutuhan Dasar Masyarakat

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Pelaksana Harian Bupati Bengkalis H Bustami HY, menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Bengkalis untuk Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Bengkalis.

Perbup Nomor 39 Tahun 2020 tertanggal 15 Mei 2020 itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Gubernur Riau Nomor 27 Tahun 2020, tanggal 14 Mei 2020 tentang pedoman PSBB dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Bengkalis dan Kota Dumai.

Loading...

Adapun maksud diterbitkannya Perbup Nomor 39 Tahun 2020, sebagaimana diatur dalam Pasal 2, yakni sebagai panduan pelaksanaan PSBB dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 di Kabupaten Bengkalis.

Sementara tujuan dari diterbitkannya Perbup yang terdiri dari 34 Pasal dan sebanyak 31 halaman itu (termasuk lampiran), ada 4 (empat).

Pertama, untuk membatasi kegiatan tertentu dan pergerakan orang dan atau barang dalam menekan penyebaran COVID-19.

Kedua, meningkatkan antisipasi perkembangan ekskalasi penyebaran COVID-19.

Loading...

Ketiga, memperkuat upaya penanganan kesehatan akibat COVID-19.

Dan keempat, menangani dampak sosial dan ekonomi dari penyebaran COVID-19 di daerah ini.

Sedangkan ruang lingkupnya, sebagaimana diatur dalam Pasal 4, meliputi pelaksanaan PSBB, kegiatan tertentu yang tetap dilaksanakan selama PSBB, serta hak dan kewajiban serta pemenuhan kebutuhan dasar penduduk selama PSBB.

Kemudian, sumber daya penanganan COVID-19, pemantauan, evaluasi, pelaporan, pendanaan, penegakan hukum dan sanksi.

Salinan dari Perbup Nomor 39 Tahun 2020 tersebut telah diterima Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bengkalis H Tajul Mudarris.  (juny/diskominfotik)

Loading...
Loading...