Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Pangkalan Jambi Menjadi Desa Perdana Serahkan BLT-DD di Kabupaten Bengkalis

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Pangkalan Jambi menjadi desa perdana yang menyerahkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kabupaten Bengkalis.

Penyerahan BLT-DD dilaksanakan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis, Yuhelmi di Kantor Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu, Jumat, 09 Mei 2020.

Loading...

“Ucapan terima kasih untuk Kepala Desa Pangkalan Jambi, BPD beserta Perangkat Desa dan Relawan Desa Lawan Covid-19 yang telah bekerja keras dan bekerja cerdas dalam melaksanakan pendataan masyarakat yang terdampak Covid-19, sehingga desa ini menjadi desa perdana di Kabupaten Bengkalis yang menyerahkan BLT-DD kepada masyarakat penerima yang bersumber dari penyaluran Dana Desa tahap I,” ujar Yuhelmi dalam sambutannya.

Kegiatan peyaluran BLT-DD yang kita laksanakan ini sambung Yuhelmi, telah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang perubahan Permendesa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang prioritas penggunaan dana desa yang lebih ditujukan dalam upaya penanganan Covid-19 di desa-desa.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya memberikan apresiasi atas kinerja kepala desa yang secara cepat dalam melakukan pendataan dan penyaluran bantuan kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19,” ucap Yuhelmi. 

Adapun kriteria penerima BLT-DD ini adalah masyarakat miskin yang tidak menerima bantuan PKH, BPNT, Kartu Pra Kerja serta masyarakat yang kehilangan mata pencarian dan memiliki anggota keluarga yang sakit menahun/kronis.

Loading...

“Desa memang harus lebih selektif dan ketat dalam melakukan pendataan serta panyaluran BLT-DD ini agar tidak terjadi penerima ganda dalam menerima bantuan jaringan pengamanan sosial yang diberikan oleh Pemerintah,” pesan Yuhelmi. 

Yang tak kalah pentingnya lagi, lanjut mantan Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Bengkalis ini, dalam melaksanakan tugasnya, kepala desa dan BPD dapat membangun sinergitas secara harmonis, sehingga segala kebijakan pembangunan dapat berjalan dengan baik demi kepentingan masyarakat. 

Sebanyak 40 kepala keluarga Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu yang mendapatkan BLT-DD tersebut dengan jumlah bantuan yang diterima sebesar Rp.600.000,-/KK untuk 3 bulan yakni April, Mei dan Juni.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Komisi I DPRD Bengkalis Zuhandi, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Bengkalis Rinaldi Eka Wahyu, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Bengkalis Mahmun Al Rasyid dan Hafzan serta masyarakat penerima BLT-DD. (juny)

Loading...
Loading...