Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

BATAM

Kandasnya Kapal Kargo Berbendera Iran di Batam, Laut Tercemar dan Ada Batu Karang Rusak

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Akibat kapal kargo berbendera Iran kandas di Perairan Batu Berhenti, Pulau Sambu, Batam, Kepri menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan.

“Laut kita tercemar,” kata Ketua DPC Aliansi Masyarakat Pemerhati Lingkungan Hidup (Ampuh) Kota Batam, Budiman Sitompul saat berada di lokasi kandasnya kapal bermuatan ratusan kontainer.

Loading...

Bentuk pencemaran yang terjadi, katanya, adanya tumpahan minyak. Adapun minyak yang tumpah itu sendiri, tambahnya, diduga akibat adanya keretakan karena kapal menabrak batu karang.

BACA JUGA
Kapal Berbendera Iran Kandas Tabrak Batu Karang di Batam

Dikatakannya lebih jauh, memang ada upaya melakukan pembersihan tumpahan minyak yang mencemari perairan yang ada disekitarnya. Namun, katanya, saat langkah yang diambil untuk menindaklanjuti pencemaran tersebut, adakah pantauan dan pengawasan dari pihak pemerintah melalui dinas terkait.

“Apa ada pengawalan dan pemantauan dari pemerintah?,” katanya.

Disebutkannya, tidak tertutup kemungkinan, dari kapal yang kandas dengan muatan ratusan kontainer ini pun akan ada pencemaran berikutnya.

Loading...

“Aparat kita harus tegas menangani ini. Kalau ini kecelakaan, penyebabnya apa? Kalau memang karena kelalaian, mereka (pihak kapal) harus tanggung jawab dong,” kata Budiman lagi. (***)

Loading...
Loading...