Senin | 26 Oktober 2020 |
×

Pencarian

PASBAR

Memasuki Musim Hujan, 4 Warga di Lunak Nan Duo Terjangkit Demam Berdarah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Pasbar – Warga RT 03, Ophir Barat, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) dikagetkan dengan bertambahnya 4 orang yang menderita demam berdarah.

Demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Loading...

“Pasien saat ini di rawat di RSUD jambak dan di RS YARSI Simpang ampek,” ujar yuliana saat adanya pemantauan rumah warga yang terdampak DBD antara Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Puskesmas, Kamis, 18 Juni 2020.

Dijelaskannya, bertambahnya jumlah warga yang terjangkit demam berdarah sangat dikhawatirkan. Apalagi, tambahnya, saat ini sudah memasuki musim penghujan.

“Kita mengimbau bagi seluruh masyarakat agar waspada. Mari kita bersihkan rumah dan lingkungan kita,” katanya.

Kedepan, katanya lebih jauh, akan diadakan kegiatan gotong royong bersama. Dimana harus ada, tambahnya, kegiatan membersihkan lingkungan secara bersama.

Loading...

dr Gina Alesia, juru bicara tim teknis kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pasaman Barat mengajak masyarakat untuk berbuat untuk diri sendiri dengan melakukan bersih-bersih rumah masing-masing.

“Menguras bak mandi menimal 1 kalai seminggu. Dan juga mengubur barang barang bekas, yang bisa tergenang saat hujan datang, seperti kaleng bekas , ban bekas dan lain-lain,” katanya saat melakukan peninjauan

Setelah memantau langsung ke rumah warga yang tedampak DBD dan mengajak masyarakat untuk gotong royong, Gina Alesia mengatakan akan melakukan pengasapan (foging).

“Kita akan foging. Simpan makanan ke tempat yang aman. Bagi masyarakat yang memiliki hewan peliharaan, untuk segera memindahkan dan aman dari asap foging,” katanya mengakhiri. (zoni)

Loading...
Loading...