Senin | 18 Januari 2021 |
×

Pencarian

EKONOMI POLITIK

Pecah di Kendari, Amien Rais Bangun Partai Baru, Kader PAN Pilih Mana?

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kongres Partai Amanat Nasional (PAN) di Kendari beberapa waktu lalu berbuntut panjang. Partai dengan logo matahari itu, akan pecah dan terbelah menjadi dua kekuatan.

Amien Rais, deklarator PAN akan membangun partai baru. Dan dalam waktu dekat, partai besutan Amien Rais ini segera dideklarasikan.

Loading...

Menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, hadirnya partai baru ini lahir karena kekecewaan kongres di Kendari.

Ujang menganggap kubu Amien Rais masih cukup banyak di Partai Amanat Nasional (PAN). Sehingga, wacana pembentukan partai baru yang disebut-sebut akan didirikan Amien diprediksi akan membelah PAN yang saat ini dipimpin Zulkifli Hasan atau Zulhas.

Menurut Ujang, sejak awal Amien Rais sangat yakin bahwa jika Kongres PAN di Kendari yang lalu berjalan fair maka Mulfachri Harahap yang didukungnya akan menang. Namun, karena Kongres tak berjalan dengan fair tersebut maka imbasnya PAN menjadi pecah.

Dia menilai meski pun kubu Amien kalah namun pendukungnya masih banyak di PAN dan suara Mulfachri juga masih banyak.

Loading...

“Yang menjadi kekuatan Amien Rais itu pendiri PAN dan juga mantan Ketum Muhammadiyah,” katanya.

Analis Politik asal UIN Jakarta, Bakir Ihsan mengatakan elektabilitas faktor figur partai baru ini tergantung momentum dan modal.

Secara mometum, Amien Rais sebagai tokoh reformasi sudah memasuki senja. Sedangkan, secara modal belum terlihat ada orang kuat di dalamnya. Sehingga, partai baru ini diprediksi bernasib sama seperti partai yang sudah ada sebelumnya.

“Berdasarkan asumsi tersebut keberadaan partai baru tersebut tak terlalu signifikan untuk menjadi kompetitor PAN,” ujarnya. (***)

Loading...
Loading...