mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

HEADLINE

Riau Bertambah 24 Positif Covid-19, Gubri: Normal dengan Patuhi Protokol Kesehatan

| Senin | 22 Juni 2020 | 23:54 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis – Gubernur Riau (Gubri), H Syamsuar menginformasikan hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 24 orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Hal ini dikatakan oleh Syamsuar saat melakukan video conference dengan Bupati dan Wali Kota se-Provinsi Riau, Senin, 22 Juni 2020 malam.

“24 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut berasal dari 7 kabupaten/kota di Provinsi Riau. Terbanyak berasal dari Kota Pekanbaru, 13 orang,” jelasnya.

Selanjutnya, ada enam daerah lain, adalah Kabupaten Indra Giri Hilir, 5 orang, Kota Dumai 2 orang. Bahkan di Dumai ini ada seorang WNA (warga negara asing.

Lalu, sambungnya, Kabupaten Kuantan Singingi 1 orang, Kabupaten Rokan Hulu yang sudah lama tidak ada kasus terkonfirmasi positif Covid-19, kini terdapat 1 orang.

Sedangkan 2 daerah lain, lanjut Gubri, adalah Kabupaten Bengkalis dan Kampar, masing-masing 1 orang kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

“Ke-24 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan hasil pemeriksaan swab kemarin. Sedangkan untuk hari ini, hasilnya baru diketahui besok,” ujar Gubri.

Lebih jauh, Gubri minta setiap Pemerintah Kabupaten/Kota tetap selalu melakukan sosialiasi dan edukasi kepada masyarakat tentang apa itu tatanan kehidupan new normal atau normal baru.

Pasalnya, ujar Syamsuar, sebagian masyarakat menganggap normal baru tersebut sama seperti kehidupan normal sebelum adanya pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Akibat pemahaman yang keliru tersebut, kini kian banyak masyarakat di Riau yang acuh dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19.

Misalnya, lanjut Syamsuar, tidak lagi mau menggunakan masker ketika keluar rumah atau saat berada di ruang publik maupun di tempat keramaian.

“Lakukan terus sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. New normal itu bukan berarti sama seperti kehidupan normal sebelum adanya pandemi Covid-19. Normal baru itu adalah kehidupan dengan tetap harus mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19,” kata Gubri.

Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H. Bustami HY, bersama Forkopimda dan sejumlah anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, juga mengikuti video conference tersebut dari ruang Hang Jebat kantor Bupati sekitar pukul 20.30 WIB. (juny/diskominfotik)