Sabtu | 08 Agustus 2020 |
×

Pencarian

HEADLINE

Dewan Nilai Program BBK Murah Kadin Solusi Pemulihan Ekonomi Akibat Pendemi Covid-19

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Program Batam, Bintan Karimun (BBK) Murah yang dicanangkan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kepri mendapat dukungan dari DPRD Batam.

Ketua Fraksi Golkar, Hendra Asman mengatakan mendukung penuh program ini. Menurutnya, program ini merupakan langkah solusi untuk melakukan pemulihan ekonomi di Kepri.

Loading...

Dikatakannya, program ini akan memberikan rangsangan bagi investor untuk berinvestasi di Kepri, khususnya Batam. Langkah ini bagian dari sebuah gebrakan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pemulihan perekonomian Kepri yang lesu akibat dampak dari pendemi covid-19.

“Investor akan diberikan kemudahan. Datang dan tidak repot untuk mengurus soal perizinan,” ujar Hendra kepada mediakepri.co.id di kawasan Nagoya.

Lebih jauh dikatakannya, gebrakan ini mendapat respon yang baik dari investor. Dari data yang diperoleh, tambahnya, ada 11 perusahaan asal Amerika yang akan keluar dari Tiongkok yang menyatakan bersedia masuk ke Kepri dan akan memanfaatkan program BBK Murah.

“Sejumlah perusahaan dari Jepang juga sudah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di BBK. Ini sesuatu yang luar biasa dan patut diberikan apresiasi,” katanya.

Loading...

Seperti yang dilangsir di kepri media group, Kadin Kepri sudah melaporkan program ini ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan menggandeng Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Responnya bagus, mendapat apresiasi dan dukungan. Ini pertama di Indonesia sehingga bakal jadi percontohan untuk daerah lainnya. Apalagi mendapatkan respon positif dari Presiden.

Untuk itu, Ketua Kadin Kepri, Ma’ruf meminta kepala daerah di BBK, untuk memberikan juga kemudahan pengurusan izin usaha pada investor yang masuk. Kadin sudah menggratiskan sewa lahan selama lima tahun pertama, maka akan semakin tertarik investor datang ke BBK jika semua perizinan usaha, ketenagakerjaan, termasuk tenaga kerja asing (TKA) diberi kemudahan.

Tak hanya itu, hendaknya pemda maupun pelaku usaha lainnya juga memberikan kemudahan-kemudahan lain, seperti memberikan insentif pajak, menurunkan biaya logistik, dan biaya-biaya lain yang selama ini membebani investor, serta beragam relaksasi lainnya.

Soal besaran nilai investasi 11 perusahaan Amerika yang menyatakan minatnya masuk ke BBK? Ma’ruf mengatakan, tahap awal nilai investasi masing-masing kurang lebih 50 juta dolar AS. Estimasi awal, jumlah tenaga kerja yang terserap bisa mencai 2.000 orang. Kadin siap bersaing dengan Vietnam.

“Kita tawarkan lebih dari yang ditawarkan Vietnam. Contohnya sewa lahan, Vietnam free 2 tahun, kita kasi free 5 tahun. Sepanjang hal yang diminta dalam kendali Kadin, bisa kita beri lebih,” ungkap Ma’ruf. (eddy)

Loading...
Loading...