Sabtu | 02 Juli 2022 |
×

Pencarian

RILIS

Indonesia Pastikan Hasil Perikanan yang Diekspor ke Tiongkok Aman Konsumsi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan memastikan hasil perikanan yang diekspor ke Republik Rakyat Tiongkok (RRT) sehat dan aman untuk dikosumsi.

Pernyataaan itu disampaikan Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Rina pada pertemuan dengan General Administration of Customs of the People’s Republic of China (GACC) secara virtual di Beijing, RRT, Rabu 15 Juĺi 2020.

GACC merupakan otoritas kompeten Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di bidang keamanan pangan serta Kedutaan Besar Republik Indonesia.

“Di Indonesia kita sudah menerapkan prosedur sesuai standar internasional dan WHO dalam proses pengolahan ikan serta membangun suatu mekanisme tanggap cepat apabila ditemukan mutu produk perikanan tidak sesuai dengan kualitas yang dipersyaratkan, sehingga produk yang diekspor dipastikan telah kita verifikasi bebas Hama dan Penyakit Ikan Karantina dan memiliki mutu yang bagus,”ungkap Rina.
 
Secara menyeluruh pertemuan  membahas tentang keamanan hasil perikanan Indonesia dan penegasan dari BKIPM bahwa produk perikanan Indonesia yang diekspor ke RRT sehat dan aman dikonsumsi.

Kemudian Rina menyampaikan kepada otoritas kompeten RRT tentang komitmen BKIPM dalam menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan, terutama bagi produk ekspor ke RRT.

Sementara itu Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM, Widodo Sumiyanto menyatakan sejak awal adanya pandemic COVID-19, BKIPM telah memberlakukan inspeksi ketat pelaksanaan sanitasi dan hygiene pada Unit Pengolahan Ikan (UPI) termasuk di dalamnya pemberlakuan physical distancing dan pembatasan jumlah pekerja selama proses produksi berlangsung.

“BKIPM juga akan mengeluarkan rekomendasi penghentian sementara kegiatan produksi/ekspor apabila ditemukan mutu produk yang rendah sampai ada perubahan sistemik dalam proses pengolahan untuk menjaga kualitasnya”, Widodo menjelaskan.

BKIPM menyatakan siap bekerjasama dengan GACC dalam upaya menjaga dan mendukung peningkatan ekspor hasil perikanan Indonesia ke RRT, sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, pihak otoritas kompeten RRT yang diwakili Direktur Biro Keamanan Pangan Komoditas Ekspor dan Impor GACC, Tang Liang de menyatakan bahwa selama ini kerjasama dan koordinasi dengan BKIPM telah terjalin dengan baik.

“Forum ini diadakan sebagai ajang untuk bertukar informasi dan penguatan hubungan kedua instansi untuk memperlancar kegiatan perdagangan produk perikanan kedua negara”, jelas Tang Liang de.

Diharapkan dengan adanya pertemuan ini hubungan kerja sama Indonesia – RRT ini dapat terus ditingkatkan. (r/amril)