Sabtu | 19 September 2020 |
×

Pencarian

TIPS SEHAT

Benarkah Lima Jenis Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Jerawat Makin Parah?

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Meskipun rajin merawat kulit wajah bukan tak mungkin tiba-tiba muncul jerawat. Hal ini bisa disebabkan karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Kulit merupakan bagian tubuh paling luas yang terpapar udara dan sinar matahari. Efek makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan terlihat langsung akibatnya pada kulit, terutama kulit wajah.

Loading...

Dilansir dari detik.com, berikut ini makanan yang harus dihindari agar tidak jerawatan yang direkomendasi oleh 22 ahli jerawat Amerika dan dikutip dari eatthis juga berbagai sumber.

  1. Minuman Soda

Air soda yang manis dan dingin sangat menggoda. Tetapi kandungan gula yang tinggi dalam air soda bisa memicu peradangan pada kulit. Gula akan cepat diserap tubuh dan memicu kenaikan gula darah.

Tiap 350 ml minuman soda mengandung 40 g gula. Menurut para ahli jerawat Amerika kandungan gula yang tinggi berkaitan dengan indeks glikemik dan jerawat. Selain itu juga membuat berat badan cepat naik dan mempengaruhi kesehatan kulit juga kulit wajah. Sebaiknya kurangi minuman soda manis dan ganti dengan air.

  1. Pizza

Pizza memang enak apalagi diberi aneka topping dan keju yang leleh mulur. Bukan hanya keju saja tetapi kandungan lemak jenuh yang tinggi pada pizza bisa merusak kesehatan kulit.

Loading...

Lemak jenuh akan mengganggu pencernaan dan merangsang peradangan. Kesehatan pencernaan berpengaruh pada kulit termasuk munculnya jerawat dan radang kulit.

  1. Roti tawar

Menurut Tasneem Bhatia, MD atau Dr. Taz, makanan seperti bagel, oatmeal, pretzel, pasta dan sereal terbukti mempercepat penuaan dini, termasuk merangsang jerawat. Karena sereal yang berlabel sehat ternyata mengandung gula tambahan yang bisa membuat kulit cepat keriput.

Mengganti roti tawar putih dengan roti gandum dapat membantu menyehatkan kulit. Roti tawar putih mengandung indeks glikemik tinggi yang berpengaruh pada kenaikan gula darah dan tingkat insulin.

Dalam studi pada 10 orang Korea dengan jerawat sedang, peneliti menemukan bahwa makanan dengan indeks glikemik rendah dapat mengurangi beberapa jenis jerawat.

  1. Daging merah

Yang tergolong daging merah adalah daging sapi, daging kambing/domba dan daging babi. Jika sedang berjerawat sebaiknya kurangi atau hentikan sementara konsumsi daging merah. Menurut Susan Tucker, seolah ahli nutrisi holistik, mereka yang mengonsumsi banyak makanan berbasis tanaman memiliki kulit lebih bersinar dan cerah.

Hal ini berkaitan dengan kesehatan pencernaan, mengingat mencerna daging merah perlu waktu lebih panjang dan lama. Sementara asupan sayuran segar memberi antioksidan, serat, mineral dan vitamin yang berfungsi sebagai detoks tubuh. Juga memperlancar pencernaan dan membuat kulit lebih sehat. Mereka yang jerawatan juga mengaku kulitnya lebih mulus setelah berhenti konsumsi daging merah.

  1. Minuman energi

Minuman energi kini banyak variasi rasa yang makin menarik. Selain tinggi kandungan gula juga mengandung vitamin B yang bisa mengiritasi kulit. Dr. Leslie Baumann, ahli jerawat dari Miami mengatakan vitamin B6 dan B12 yang ada dalam multivitamin dan vitamin yang ditambahkan dalam minuman energi berpengaruh pada kulit, sebaiknya dihindari.

Jika konsumsi minuman energi menunjukkan gejala munculnya jerawat, sebaiknya hentikan dulu dan perhatikan apakah kulit wajah menjadi bersih setelahnya. Sebagai pengganti minum air putih atau minuman energi tanpa tambahan vitamin B dengan kadar gula yang rendah. (*)

Loading...
Loading...