mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

EKONOMI POLITIK

Corona Sedot Kas Negara Rp700 T, Jokowi: Pembangunan Infrastruktur Tetap Jalan

| Selasa | 25 Agustus 2020 | 15:44 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pembangunan infrastruktur sudah menjadi fokus pemerintahan Presiden Joko Widodo sejak periode pertama kepemimpinannya 2014-2019. Hingga periode kedua Presiden Jokowi ini, proyek-proyek infrastruktur tetap dikebut.

Namun, dengan munculnya pandemi Covid-19, pembangunan infrastruktur terkendala karena penanganan virus mematikan itu membutuhkan biaya yang sangat besar. Tercatat APBN terkuras hingga hampir Rp700 triliun.

Meski anggaran tersebut banyak dialihkan ke penanganan Covid-19, Presiden Jokowi menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur masih terus berlanjut. Bagi dia, pembangunan infrastruktur, juga menjadi salah satu faktor yang bisa mendorong ekonomi saat ini. Hal itu dikatakan Jokowi saat meresmikan ruas tol Sigli-Banda Aceh, yang terbentang sepanjang 13,5 kilometer seprti dikutip dari wartaekonomi.co.id.

“Karena memang posisi infrastruktur di negara kita masih sangat tertinggal dari negara negara lain,” kata Jokowi di lokasi peresmian, tepatnya di Pintu Tol Blang Bintang, Aceh, Selasa, 25 Agustus 2020.

Dengan posisi Indonesia yang masih minim infrastruktur, maka perlu pembangunan yang dipercepat. Untuk itu, ia tetap bersikukuh agar infrastruktur tetap dikebut meski di masa pandemi saat ini.

“Pembangunan infrastruktur tetap terus kita jalankan,” lanjutnya.

Adapun tol ini disebut merupakan jalan bebas hambatan pertama yang dibangun di wilayah Bumi Serambi Mekkah. Nantinya tol ini akan tersambung dan menjadi bagian Tol Trans Sumatera, yang menghubungkan dari Aceh hingga Lampung. Harapannya, jika nantinya tersambung mampu mengurangi beban biaya logistik di Tanah Air.

“Itulah yang menyebabkan daya saing kita menjadi tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara-negara tetangga,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi menyadari, menyambungkan Jalan Tol Trans Sumatera, dari Lampung hingga Aceh bukan perkara mudah. Tapi dari pembangunan itu, tidak hanya dilihat dari total anggaran yang dikeluarkan, tapi bagaimana proyek strategis nasional tersebut juga menyerap tenaga kerja. Jokowi juga berharap, semakin mendekatkan akses masyarakat ke bandara dan pergerakan orang yang semakin meningkat.

“Saya titip ini kepada Gubernur agar ini disambungkan ke sentra-sentra pertanian, pariwisata, kawasan industri jadi betul-betul bermanfaat bagi masyarakat di Aceh,” ujar Jokowi. (*)