Sabtu | 26 September 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Fraksi Golkar Minta Pemkab Mengeksplorasi Potensi Daerah, Ini Jawaban Bupati Natuna

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Fraksi Golkar DPRD Natuna menuangkan pendapat dan sarannya kepada Pemkab Natuna, agar dapat lebih memaksimalkan eksplorasi potensi-potensi di daerah.

“Pemerintah daerah harus menggunakan anggaran dengan efektif dan efisien di sisa waktu tahun anggaran,” kata Azi, Sekretaris Fraksi Golkar

Loading...

Golkar juga meminta pemda agar dapat melakukan upaya inovasi dalam mengeksplorasi potensi unggulan daerah.

Istimewa

” Mengeksplorasi potensi daerah guna meningkatkan Pendapat Asli Daerah(PAD) terutama dari sektor perikanan dan kelautan serta pariwisata bahari,” tutur Azi.

Azi juga meminta agar pemda menghindari segala bentuk penyelewengan dan penyalahgunaan anggaran yang tidak semestinya.

Sementara itu, menanggapi masukan dari salah satu fraksi di DPRD Natuna, Bupati Natuna menyampaikan akan memperhatikan segala masukan dan saran dari DPRD Natuna.

Loading...

“Pendapat yang disampaikan DPRD akan kami realisasikan dan menjadikan catatan penting untuk pertimbangan dalam penyusunan agenda kerja kedepan,” kata Bupati Natuana, Abdul Hamid Rizal.

Istimewa

Hamid Rizal pun menyinggung salah satu pendapat dari fraksi DPRD Natuna, terkait pengelolaan potensi perikanan dan kelautan serta pariwisata bahari.

“Ada masukan yang sangat bagus dan berharga, namun UU 23 tidak memberikan kita wewenang. Zona pertambangan, sektor kelautan, dan pariwisata bahari itu wewenang provinsi, ijinnya sama gubernur,” terang Hamid.

Menurut Hamid, UU nomor 23 tentang Pemerinta Daerah juga “mengkebiri” wewenang Kabupaten. Untuk sektor perikanan misalnya, hanya budidaya ikan air tawar dapat dikelola pemda, berbanding terbalik dengan keadaan geografis Natuna yang 98 persennya merupakan lautan.

Meski demikian, menurut Hamid pendapat dari DPRD akan diupayakan dalam merealisasikan ke pembangunan guna memberi pelayanan prima ke masyarakat. (alfian)

Loading...
Loading...