Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Pemilik Lahan Sempat Hentikan Pembangunan IPAL di Desa Rewak

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Pemilik lahan di lokasi pembangunan bak Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL) di RT 002 Kampung Baru, Desa Rewak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas hentikan aktivitas.

Permintaan dihentikannya kegiatan ini disampaikan pemilik lahan kepada Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang mengerjakan proyek tersebut. Kedatangan pemilik lahan disambut Ketua KSM Desa Rewak, Syaiful. Dan ia berharap, dari pertemuan ini bisa mendapat izin hingga bisa segera menindaklanjuti pembangunan.

Loading...

Syaiful menjelaskan untuk pembuatan IPAL yang berukuran 4 meter kali 6 meter ini, ia sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pemilik lahan, yakni Darmawi/Zulkifli, Razali Husin, Supran dan Mizar.

Keempat pemilik lahan ini sudah menyetujui untuk memberi perizinan pemanfaatan lahan tanpa pembayaran apapun. Namun, ada pemilik lahan lainnya, Idris AH, belum memberikan restu. Soalnya, ada tuntutan yang tidak sanggup dilaksanakan oleh KSM.

Menanggapi permasalahan ini, Ketua KSM berkordinasi dengan Kepala Desa Rewak, Jabridin. Hingga, Sabtu, 22 Agustus 2020, Kades Rewak mengatakan pertemuan yang dihadiri Sekdes, Ketua BPD Beserta Anggota, Pendamping Pelaksanaan IPAL, Masyarakat dan Pemilik lahan.

Kepala Desa Rewak, Jabridin menyampaikan telah menemui Idris AH di Letung. Dalam pertemuan itu, katanya, pemilik lahan memberikan izin pelaksanaan pembangunan di lahannya dengan ketentuan izin pembangunan bak IPAL, bukan hibah dan tanpa ganti rugi.

Loading...

Ketua BPD Rewak, Heri Hendriko mengatakan permasalahan sudah selesai. Kepada KSM, tambahnya, silahkan dilanjutkan pelaksanaan pembangunan. Dan ia berpesan agar kedepan KSM lebih teliti terutama yang berhubungan dengan lahan masyarakat.

“Terima kasih kepada pemilik lahan yang telah memberikan izin tanpa ganti rugi,” kata Heri. (deva)

Loading...
Loading...