Minggu | 27 September 2020 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Perkokoh Nasionalisme dan Semangat Proklamasi, Forum Anak Kabupaten Bengkalis Hadiri Tausiah Kebangsaan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis, – Kemerdekaan Republik Indonesia diraih dengan persatuan dan kesatuan bangsa yang disertai dengan rasa nasionalisme dan kobaran semangat perjuangan yang tinggi.

Semangat perjuangan tersebut terwujud disaat naskah Proklamasi dikumandangkan.

Loading...

Untuk itu, semangat proklamasi dan rasa nasionalisme perlu bahkan sangat penting ditanamkan dalam diri setiap anak bangsa.

Sebagai upaya memperkokoh rasa nasionalisme dan semangat proklamasi tersebut, Forum Anak Kabupaten Bengkalis yang diwakili oleh 5 orang perwakilan dari Forum Anak Kecamatan Bengkalis (FANKALIS) dan 5 orang perwakilan dari Forum Anak Kecamatan Bantan (FANKEBTAN) yang didampingi oleh fasilitator Restia Aumali Husna ikut serta menghadiri Tausiah Kebangsaan yang diselenggarakan di Kantor BAPPEDA, Jl. Antara Bengkalis, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Quran.

Selanjutnya, kegiatan Tausiah dengan tema Pemuda, Pahlawan dan Tantangan Kemerdekaan : Upaya Merawat Kehidupan Berkebangsaan ini menghadirkan beberapa narasumber dan pembicara yakni Tokoh Masyarakat Bengkalis Reza Pahlevi, Ketua Umum DPD PGK Kabupaten Bengkalis Febri Kurniadi, Komisioner KPU Kabupaten Bengkalis Anggi Ramadhan S, Kepala Bidang Lingkungan Hidup HMI Pekanbaru Odi Juhasniadi.

Loading...

Bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut Era Syahida yang juga Bendahara Hipermatan-B.

Kegiatan yang selesai pukul 17 .00 WIB tersebut diakhiri dengan penyerahan Piagam dan fhoto bersama.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis Hj. Wasiah mengatakan, keikutsertaan FANKALIS dan FANKEBTAN dalam acara tersebut merupakan salah satu upaya untuk memperkokoh rasa nasionalisme dalam diri anak-anak bangsa yang ada di Kabupaten Bengkalis.

“Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa. Mereka harus mempunyai semangat proklamasi dan rasa cinta tanah air yang tinggi,” terangnya.

Semangat proklamasi dan cinta tanah air harus ditanamkan sedini mungkin agar persatuan dan kesatuan bangsa akan semakin kokoh.

Di samping itu, keikutsertaan anak-anak dalam kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia adalah agar mereka dapat meresapi nilai-nilai perjuangan dari para pejuang kemerdekaan bangsa ini. Sehingga diharapkan mereka memahami pentingnya arti dari kemerdekaan tersebut.

Selanjutnya Hj. Wasiah mengatakan, selain FANKALIS dan FANKEBTAN, Forum Anak Kecamatan Rupat (FANRUP), Forum Anak Kecamatan Rupat Utara (FANRUPUT) serta Forum Anak Kecamatan Bandar Laksamana (FANBANLAK) dan Forum Anak Kecamatan Siak Kecil (FANSIKE) juga mengikuti kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan RI di kecamatan masing-masing.

FANRUP ikut serta dalam pembagian masker gratis bersama mahasiswa KKN di Kelurahan Batu Panjang Kecamatan Rupat.

Kegiatan ini juga sebagai upaya agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan demi kesehatan dan keselamatan bersama, ujar Hj. Wasiah.

Sementara itu FANRUPUT dan FANBANLAK mengikuti upacara bendera di Kecamatannya masing-masing.

Selanjutnya, ujar Hj. Wasiah lagi, FANSIKE mengisi Hari Kemerdekaan dengan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pertandingan Bola Voli di Dusun Durian Desa Lubuk Muda Kecamatan Siak Kecil. Bahkan salah satu anggotanya ada yang ikut bertanding.

Adapun kegiatan demi kegiatan yang diikuti oleh Forum Anak di masing-masing kecamatan di samping bertujuan untuk mempererat silaturahmi dan memperkokoh rasa nasionalisme, juga dalam rangka memperkenalkan diri kepada dunia luas tentang keberadaan Forum Anak tersebut

“Anak-anak butuh perhatian dari kita semua. Tanpa bantuan dan uluran tangan kita, mustahil rasanya Forum Anak yang ada bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan peduli dengan nasib anak bangsa ini,” pungkas Srikandi Kabupaten Bengkalis ini mengakhiri. (juny)

Loading...
Loading...