Sabtu | 26 September 2020 |
×

Pencarian

PASAR

Ternyata Ini Penyebab Naiknya Harga Emas di Indonesia

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Harga emas terus naik dan mencetak rekor tertinggi. Harga emas PT Aneka Tambang Tbk (Antam) naik Rp 6.000 pada perdagangan hari ini, Kamis, 6 Agustus 2020 menjadi Rp 1.054.000 per gram dari perdagangan kemarin di Rp 1.048.000 per gram.

Namun, dengan naiknya harga emas yang cukup tinggi dalam beberapa waktu belakangan justru berdampak tidak baik bagi ekonomi. karena masyarakat cenderung menyimpan uang dalam bentuk emas, ujar Pengamat Institute for Development of Economics (Indef) Bhima Yudhistira

Loading...

“Masyarakat berbondong-bondong memilih menyimpan emas daripada menjual. Hal ini membuat harga emas kian naik”, ujar Bhima seperti dikutip dari merdeka.com, Jakarta, Kamis, 8 Agustus 2020.

Kenaikan harga emas di tengah pandemi Virus Corona ditimbulkan oleh adanya kekhawatiran masyarakat mengenai kondisi ekonomi dan Dampaknya justru kurang bagus karena kalau orang menyimpan emas artinya sedikit membelanjakan uangnya untuk kebutuhan lainnya.

“Jadi terkait dengan fenomena harga emas yang naik di hampir seluruh kota di Indonesia, ini menjadi indikator bahwa masyarakat mengantisipasi adanya resesi. Dengan melakukan lindung nilai serta mencari aset-aset yang aman. Salah satunya emas,” katanya.

Bhima menambahkan, Indonesia akan semakin sulit membangkitkan ekonomi apabila ke depan masyarakat lebih banyak menyimpan emas daripada mengalokasikan uang ke investasi lain. Sebab, perputaran uang akan semakin sedikit sementara belanja dibutuhkan untuk mendongkrak ekonomi.

Loading...

“Justru ini indikasi resesinya akan dalam kalau semakin banyak orang berburu emas karena seharusnya dia berinvestasi di sektor riil misalnya properti atau investasi di industri lain. Tetapi karena masuk ke emas jadi ini kurang bagus ke likuiditas perekonomian,” tandasnya. (*)

Loading...
Loading...