Senin | 26 Oktober 2020 |
×

Pencarian

KESEHATAN

8 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Agar Tidak Gampang Sakit

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Daya tahan tubuh atau yang juga dikenal dengan imunitas memiliki peran yang amat penting bagi kesehatan. Sebab, dengan sistem imunitas yang baik, tubuh mampu melindungi diri sejak pertama kali kuman atau virus penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Maka dari itu, imunitas tubuh harus dijaga dengan baik, terlebih di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini. Berikut ini adalah beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh agar kamu tidak mudah sakit.

  1. Konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan

Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh yang ampuh adalah dengan mengatur makanan yang kita konsumsi. Tubuh memerlukan asupan makanan bergizi. Berbagai nutrisi baik bisa didapatkan dengan memperbanyak konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa orang yang banyak mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut cenderung tidak mudah sakit. Pasalnya, vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

Loading...

2. Minum air mineral

Imunitas tubuh juga ditentukan oleh kualitas dan volume air yang kita minum. Usahakan untuk selalu minum air mineral sebanyak dua hingga dua setengah liter dalam sehari. Pastikan tubuh selalu terhidrasi karena metabolisme dapat menurun akibat kekurangan cairan tubuh. Dengan metabolisme yang menurun, daya tahan tubuh pun akan ikut turun.

3. Tidur cukup dan tidak begadang

Tidur yang cukup juga menjadi salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh yang efektif. Sebab, proses detoksifikasi (lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun), recovery (pemulihan) sel, hingga banyak hal positif lainnya terjadi di dalam tubuh selama kita tidur. Bagi orang dewasa, tidur malam selama tujuh hingga delapan jam sangat disarankan.

Loading...

4. Berolahraga secara teratur

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi, cobalah berolahraga secara teratur, setidaknya 30 menit dalam sehari. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki. Tak hanya di luar rumah, olahraga atau aktivitas fisik juga bisa dilakukan di dalam rumah, seperti yoga, zumba, dan masih banyak lagi.

5. Berjemur saat pagi hari

Cara meningkatkan imunitas tubuh lainnya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Pasalnya, sinar matahari dapat meningkatkan kualitas vitamin D di dalam tubuh. Tidak perlu terlalu lama, kamu cukup berjemur selamat 15 hingga 20 menit saja setiap pagi.

6. Minum vitamin dan suplemen

Selain menerapkan pola hidup sehat, kamu juga bisa mengonsumsi vitamin dan suplemen sebagai salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini dapat dijadikan pilihan untuk melengkapi pola makan yang kurang bernutrisi. Cobalah konsumsi vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E karena ketiga vitamin ini dapat memberi manfaat bagi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih optimal.

7. Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol sangat mungkin merusak sistem kekebalan tubuh. Terlebih lagi, perokok memiliki risiko tinggi terkena infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk mengidap infeksi paru akan semakin besar.

8. Hindari stres

Stres bisa meningkatkan produksi hormon kortisol yang dalam jangka panjang dapat mengakibatkan peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik. Kamu bisa melakukan aktivitas santai kesukaanmu seperti membaca buku, bermain, melukis, bermain musik, hingga berkreasi lainnya. Supaya lebih relaks, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk menenangkan diri.

Yuk, selalu terapkan pola hidup sehat dengan 8 cara meningkatkan imunitas tubuh tadi agar tetap fit. Perlindungan bagi kesehatanmu juga bisa kamu berikan dengan memiliki asuransi kesehatan. Kamu bisa memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhanmu dari sederet daftar asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Intinya, selalu upayakan semua hal terbaik demi kesehatanmu, ya! Pasalnya, kesehatan adalah aset berharga yang tidak akan pernah bisa tergantikan. (*)

Loading...
Loading...