Minggu | 20 September 2020 |
×

Pencarian

NATUNA

Bupati Sampaikan Pidato Nota Keuangan Rancangan APBD 2021 dalam Paripurna DPRD Natuna

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah(DPRD) Natuna menggelar rapat paripurna, Selasa 8 September 2020.

Bertempat di ruang rapat Paripurna DPRD Natuna, rapat itu dibuka oleh Ketua DPRD Natuna dan membahas 3 agenda, yakni agenda masa sidang DPRD Natuna Tahun 2020, penyampaian pidato Bupati Natuna tentang nota keuangan rancangan APBD 2021, dan penyerahan laporan hasil reses I masa sidang II tahun 2020.

Loading...

Membacakan pidatonya, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, menerangkan komposisi APBD Natuna masih didominasi oleh dana transfer dari pemerintah pusat.

Istimewa

“Hampir 90,30 persen sumber pendapatan dari transfer pusat, 6,95 persen dari Provinsi, dan 8,47 persen dari Pendapatan Asli Daerah(PAD),” terang Hamid.

Dengan demikian, lanjut hamid, estimallsi pendapatan Tahun Anggaran 2021 dianggarkan sebesar Rp. 924,4 miliar.

Rinciannya, PAD dianggarkan Rp.78,27 miliar, pendapatan transfer pusat dan antar daerah Rp.834,80 miliar, dan lain-lain pendapatan yang sah dianggarkan Rp.11,39 miliar. Sementara, belanja daerah Tahun 2021 direncanakan sebesar Rp.994,77 miliar.

Loading...
Istimewa

“Belanja pada Tahun 2021 di prioritaskan untuk belanja wajib, yang ditentukan Undang-Undang seperti belanja untuk fungsi pendidikan 20 persen, kesehatan 10 persen, serta Dana transfer umum sedikitnya 25 persen, untuk program pemulihan ekonomi daerah dalam rangka membuka kesempatan kerja, dan mengurangi kemiskinan,” tutur Hamid.

Masih kata Hamid, berdasarkan Permendagri nomor 64 Tahun 2020, Pemda juga mengalokasikan anggaran untuk penanganan pandemi Covid-19, dengan prioritas penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosial.

Sementara itu, dari sisi pembiayaan, dalam rancangan APBD Natuna Tahun 2021, bersumberkan dari estimasi sementara penerimaan pembiayaan sebesar Rp, 75,3 miliar. Untuk pengeluaran pembiayaan, dianggarkan Rp. 5 miliar untuk peningkatan PAD melalui penyertaan modal di Bank Riau Kepri.

Diakhir pidatonya, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, berharap agar rancangan APBD Natuna Tahun 2021, dapat dibahas dan disetujui, serta ditetapkan menjadi peraturan daerah.

Turut hadir dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Natuna, Jajaran Pimpinan, Wakil Pimpinan dan Anggota DPRD Natuna, FKPD, Kepala OPD Pemkab Natuna, dan tokoh masyarakat.

Loading...
Loading...