Sabtu | 19 September 2020 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Dosen Polbeng Berikan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Bagi Tenaga Kerja Konstruksi

MEDIAKEPRI.CO.ID, – Bengkalis – Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh bekerja sama dengan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Riau Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) melaksanakan kegiatan Pembekalan dan Fasilitasi Uji Sertifikasi Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi Tahun 2020 di Gedung Pertemuan Kantor Camat Mandau, Rabu, 09 September 2020.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari yaitu mulai 09 September sampai dengan 10 September 2020 tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang berprofesi sebagai tukang konstruksi, dengan narasumber atau permateri sebanyak 3 orang.

Loading...

Narasumber atau permateri merupakan Dosen Fakultas Teknik Sipil Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) sebanyak 2 orang yakni Faisal Ananda, MT serta Lizar, MT dan 1 orang lagi dari Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh yakni Teuku Farah, MT.

Dikatakan oleh salah seorang narasumber dari Dosen Fakultas Teknik Sipil Polbeng, Faisal Ananda, MT, kegiatan ini dilaksanakan dengan 2 tahap dalam 2 hari.

Hari pertama, ujar Faisal Ananda, kegiatannya yakni pembekalan atau pemberian materi.

Adapun materi yang diberikan yaitu tentang pengetahuan dasar mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang disampaikan oleh Teuku Farah, MT.

Loading...

Lalu, ujarnya lagi, secara bergantian, ia dan Lizar, MT melanjutkan dengan memberikan materi tentang pengetahuan dasar mengenai besi beton, pengecoran beton dan pemasangan bata.

Pada hari kedua, terang Faisal Ananda, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan assesment oleh assesor dari LPJK Provinsi Riau.

Selanjutnya Faisal Ananda mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan sertifikasi bagi tenaga kerja konstruksi yang terampil.

“Tujuannya sangat baik, karena dapat membantu para tukang konstruksi untuk mendapatkan sertifikat kompetensi,” terangnya.

Dengan sertifikat kompetensi, para tukang konstruksi akan lebih leluasa bekerja dimana saja, karena sudah di akui dari pihak yang berwenang secara nasional, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Perkimtan Kabupaten Bengkalis Gendraya Rohaini, ST, M.Si, Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP, M.Si, Kasi Pelaksana Balai Jasa Konstruksi Wilayah I Banda Aceh, Lurah Balik Alam Fitrianita Eka Putri, S.Sos, PPK Kawasan Pengembangan Pemukiman, Konsultan Managemen Wilayah Program KOTAKU Provinsi Riau dan undangan lainnya. (juny)

Loading...
Loading...