Selasa | 22 September 2020 |
×

Pencarian

BENGKALIS

Gelar Rakor Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2020, Kapolres: Kesuksesan Pilkada Bengkalis Tanggung Jawab Bersama

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bengkalis, – Untuk memastikan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bengkalis berjalan aman dan lancar, Kepolisian Resor (Polres) Bengkalis menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Operasi Mantap Praja Lancang Kuning Tahun 2020.

Rakor yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Hendra Gunawan tersebut dilaksanakan di ruang Patria Tama Polres Bengkalis, Kamis 03 September 2020.

Loading...

Dikatakan Hendra Gunawan, suksesnya Pilkada Kabupaten Bengkalis merupakan tanggung jawab bersama.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sinergisme seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari semua elemen masyarakat sangatlah diperlukan.

“Rakor ini kami inisiasi guna menyamakan persepsi dan langkah dalam mendukung suksesnya Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, yang mulai besok (04 September 2020), tahap pendaftarannya sudah dimulai,” ujar Hendra Gunawan.

Lebih lanjut Hendra Gunawan mengatakan, penyelenggaraan Pilkada kali ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya.

Loading...

“Kendala di lapangan akan semakin kompleks. Karena, dalam penyelenggaraan Pilkada tahun ini, kita berada di tengah pandemi Covid-19 yang akan menimbulkan kerawanan lain,” ujarnya lagi.

Senada dengan Hendra Gunawan, Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay menekankan, bahwa pihaknya siap bekerja sama dan membantu Polri guna pengamanan Pilkada tahun 2020.

“Kami siap membantu dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun Polri, demi terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif. Sehingga pelaksanaan Pilkada berjalan aman, lancar dan terkendali,” imbuhnya.

Selanjutnya, terkait pelaksaan Pilkada 2020, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis H Tengku Zainuddin mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis siap mendukung guna kelancaran kegiatan tersebut, salah satunya terkait anggaran.

“Guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada 2020, tahun ini Pemkab Bengkalis menggelontorkan dana sebesar Rp58 miliar,” sebutnya.

Adapun rincian dana hibah tersebut adalah, Rp40 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rp10 miliar untuk Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Rp5 miliar untuk Polres dan Rp3 miliar untuk Kodim 0303/Bengkalis.

Dalam kesempatan itu, turut dipaparkan situasi dan dinamika kamtibmas terkini, peta kerawanan dan pola tindakan yang akan digelar oleh jajaran Polres Bengkalis bersama instansi terkait lainnya.

Selain itu, berbagai usulan dan persoalan Pilkada juga disampaikan oleh stake holder terkait, seperti teknis dan proses pencalonan oleh Komisioner KPU Bengkalis, Elmiawati Safarina.

Kemudian, masalah kerawanan Pilkada serta cara antisipasinya yang disampaikan oleh Ketua Bawaslu Bengkalis, Mukhlasin.

Turut hadir dalam Rakor tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis, Nanik Kushartanti, Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik H Hermanto Baran serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Mohd. Amru Herawza. (juny/diskominfotik)

Loading...
Loading...