Minggu | 20 September 2020 |
×

Pencarian

ANAMBAS

Perkecil Pelanggaran Hukum dan Administrasi, Apdesi Anambas Perkuat dan Rapatkan Barisan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Anambas – Kepala desa rawan melakukan pelanggaran hukum dan administrasi dalam melaksanakan pembangunan di wilayah kerjanya.

Untuk itu, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Kepulauan Anambas memperkuat dan merapatkan barisan di jajaran pengurus.

Loading...

Dalam rangka merealisasikan hal itu, Apdesi melakukan rapat kerja (Raker) ke-2 di ruang rapat Kantor Desa Landak, Jumat, 11 September 2020 malam.

Ketua Apdesi Anambas, Zainal Arifin bersama Kepala desa se-Kabupaten Kepulaun Anambas secara tegas, memperkuat kepungurusan anggota dengan melakukan penyisipan anggota baru guna mengisi kekosongan bagi anggota yang tidak aktif. Selain itu, Apdesi juga sekaligus membuat rancangan program kerja tahun 2021.

Selama ini, Apdesi terkesan vakum. Karena dalam pembahasan rancangan kerja di kabupaten, organisasi jarang dilibatkan. ke depan, Apdesi akan segera menyurati kabupaten terkait rancangan acuan kerja, salah satunya terkait teknis dasar hukum pengadaan barang dan jasa dari kabupaten.

Wakili Ketua Apdesi Anambas, Asmarandi menjelaskan, ragam persoalan yang dihadapi desa salah satunya terhadap pemanggilan klarifikasi aduan oleh masyarakat di desa ke penegak hukum.

Loading...

“Desa masih terkesan lemah. Hal ini dipicu karena kurangnya koordinasi sesama anggota dan belum adanya pendampingan hukum terhadap masalah yang dihadapi desa,” katanya

Kemudian ia mengatakan kedepan melalui Apdesi akan meningkatkan sinergitas antara desa dan APH (Jaksa dan Polri), dalam hal melakukan penyuluhan hukum ke setiap desa, serta pendampingan hukum oleh kejaksaan selaku pengacara negara terhadap desa.

” Tahun 2021, kita akan merekomendasi ke kabupaten untuk anggaran sekretariat dan operasional bagi anggota. Kemudian iuran wajib bagi kepala desa yang tergabung dalam organisasi Apdesi,” ujarnya menambahkan.

Lebih jauh disebutkannya, langkah kongkrit akan melakukan penggalangan dana untuk memperkuat organisasi dan melakukan musyawarah minimal 2 bulan sekali secara intens di Kabupaten Kepulauan Anambas. (rofi)

Loading...
Loading...