Sabtu | 26 September 2020 |
×

Pencarian

TIPS SEHAT

Waspadai Perubahan Kukumu! Bisa Jadi Kesehatanmu Terganggu

MEDIAKEPRI.CO.ID, Makassar – Seorang peneliti dari American Academy of Dermatology (AAD) mengungkapkan bahwa, Bentuk, tekstur dan warna, rupanya berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, Ini 4 tanda kuku bisa menjadi indikator kesehatan.

Loading...
  1. Kuku Kering, Retak dan Rapuh.

Kondisi kuku retak dan pecah bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau penyakit toroid khsusunya hipotiroidisme. Sementara kuku yang rapuh bisa disebabkan oleh kekurangan vitamin A dan C serta vitamin B biotin.

  1. Kuku Kuning.

Bukan hanya karena faktor usia, kuku kuning dengan kondisi kuku lebih tebal dan rapuh, bisa jadi tanda bahwa kamu terserang infeksi jamur. Pada beberapa kasus, kuku kuning juga terkait dengan penyakit tiroid, diabetes, psoriasis, atau penyakit pernapasan seperti bronkitis kronis.

  1. Bintik Putih.

Bintik putih kecil pada kuku biasanya merupakan hasil dari trauma. Tak ada yang perlu di khawatirkan bila bintik putih itu segera hilang. Namun bila tak kunjung hilang, maka bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur.

  1. Clubbing.

Clubbing menggambarkan kondisi kuku ketika ujung jari menjadi membesar dan kuku menjadi melengkung ke bawah. Kondisi ini bisa menjadi tanda oksigen rendah dalam darah dan berhubungan dengan penyakit paru-paru. Clubbing juga dapat dikaitkan dengan penyakit hati, ginjal, jantung radang usus bahkan HIV Aids. (*)

Loading...
Loading...
Loading...