Rabu | 27 Januari 2021 |
×

Pencarian

NATUNA

ASN Natuna Ikrarkan Netralitas Songsong Pilkada Serentak 2020

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Pemilihan Umum Kepala Daerah(Pemilukada) Serentak Tahun 2020 akan segera digelar.

Pada Tanggal 9 Desember nanti, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih calon pemimpin di daerahnya.

Loading...

Berbeda dengan masyarakat biasa yang ‘boleh’ blak-blakan, mendukung salah satu paslon. Aparatur Sipil Negara diwajibkan untuk bersikap netral.

Perintah ASN untuk bersikap netral dalam Pemilu tertuang dalam UU no 5 tahun 2014, PP no 42/2004 tentang kode etik PNS, PP nomor 53 tahun 2010 tentnag disiplin PNS dna SE Menpan RB Tahun 2020.

Istimewa

Menyongsong Pemilukada di Natuna, Pemerintah Kabupaten Natuna Menggelar Apel Bersama Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) menyongsong Pilkada Serentak Tahun 2020, yang digelar di Halaman Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, senin (19/10) pagi.

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti yang menjadi Inspektur Apel, menyampaikan bahwa ASN dijamin haknya untuk memilih sesuai hati nurani, dalam pelaksanaan pesta demokrasi.

Loading...

“Namun, sebagai ujung tombak pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, netralitas menjadi suatu keniscayaan untuk terus dilakoni, bagi menjaga stabilitas social, menghindari terjadinya diskriminasi pelayanan yang dikhawatirkan terjadi akibat keberpihakan politik,” ujar Ngesti.

Istimewa

Ngesti menambahkan, bahwa terdapat regulasi yang jelas mengatur kode etik, norma dan ketentuan yang harus dipatuhi oleh ASN. Seluruh ketentuan tersebut bertujuan agar keterwakilan negara melalui pelayanan ASN yang professional dapat terselenggara secara merata kepada masyarakat.

” Untuk itu tidak dibenarkan ASN menunjukkan sikap keberpihakan kepada para kompetitor pilkada, tidak terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung mendukung, mempropagandakan, serta bijak memanfaatkan media sosial bagi mendukung terciptanya kondisi sosial yang tetap kondusif, sebagai bentuk dukungan untuk menyukseskan pesta demokrasi di Kabupaten Natuna,” pesan Ngesti.

Ia pun mengajak seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna, untuk saling mengingatkan, menyatukan pandangan bagi mendukung suksesnya pilkada serentak, yang akan digelar pada tanggal 9 desember 2020 mendatang.

Setelah menggelar Apel Bersama selanjutnya dilakukan penandatangan Ikrar Netralitas Aparatur Sipil Negara pada Pilkada Serentak Tahun 2020, di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna.

Hadir pada Apel tersebut, lara Asisten dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah, peserta apel yang merupakan ASN dan honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. (alfian)

Loading...
Loading...