Sabtu | 24 Oktober 2020 |
×

Pencarian

INHIL

Disnakertrans Inhil Tak Izinkan Buruh Mogok Kerja

MEDIAKEPRI.CO.ID, Inhil – Dalam sepekan ini, unjuk rasa penolakan undang-undang omnibus law cipta kerja terjadi diberbagai Kabupaten/Kota di Indonesia, tidak terkecuali di Kabupaten Indragiri Hilir yang dijuluki sebagai negeri hamparan kelapa dunia.

Menanggapi polemik itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) H.M Taher menegaskan tidak akan mengizinkan para buruh untuk mogok dalam bekerja. 

Loading...

“Pada Jumat, 2 Oktober 2020 kemarin, dibawah saran dari pak Kapolres kami mengadakan pertemuan dengan pimpinan perusahaan yang ada di Inhil. Kita sepakat tidak akan mengizinkan buruh/karyawan untuk mogok bekerja,” ujar Taher, Minggu, 11 Oktober 2020 saat ditemui langsung di ruang kerja belum lama ini. 

Lebih lanjut, HM Taher menjelaskan, berdasarkan undang – undang Ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003 pasal l tentang mogok kerja apabila karyawan dan pihak perusahaan terjadi perselisihan sehingga tidak tercapainya kesepakatan. 

“Saya rasa mogok kerja sah – sah saja, namun hari ini yang terjadi perselisihan antara serikat pekerja dengan pemerintah. Dengan perusahaan kan tidak ada, jadi untuk apa mogok kerja. Lagi pula bila kita berpikir ulang, jika terjadi mogok kerja yang rugikan buruh, pertama tentu tidak dapat gaji, dari perusahaan produksinya jadi terhambat,” cetus Taher lagi.

Kendati demikian, sejauh ini Taher mengakui belum bisa menyatakan sikap soal UU yang baru ini sebab pihaknya belum mendapatkan salinan (draf) UU Cipta Kerja.

Loading...

“UU itu saya hanya membaca di media saja, kalau salinan secara utuh belum kami dapatkan dan juga UU itu belum ditandatangani oleh Presiden,” tambahnya.

Taher meminta masyarakat Indragiri Hilir terutama kaum buruh untuk tetap sabar menunggu perkembangan dari pemerintah pusat terkait UU Cipta Kerja ini.

“Kita tunggu saja sosialisasi mungkin dari Kementrian ketenagakerjaan atau Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Riau. Jadi kami harapkan kaum pekerja tetap sabar,” tandasnya. (syaf)

Loading...
Loading...